Kompetensi

Keunggulan Teknologi Informasi merupakan competitive edge suatu institusi khususnya pendidikan untuk dapat mengoptimalkan pelayanan publik. Teknologi Informasi juga merupakan alat bantu (pendukung) dalam menjalankan operasional organisasi. Dengan telah ditetapkannya tujuan jangka menengah  ,maka untuk mencapai tujuan perlu meningkatkan kualitas professionalisme dan leadership sumber daya manusianya

Untuk mencapai tujuan tersebut dan khususnya pada bidang Information Technology, maka perlu disusun suatu dasar kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan organisasi. Standar ini diharapkan dapat menjadi acuan dalam meningkatkan kompetensi pegawai dan kemampuan penunjang lainnya untuk mendukung operasional dibidang Information Technology.

Kompetensi

Dalam komponen IT resources, terdapat People atau SDM, Application dan Infrastructure. SDM memegang peranan penting, meski terkadang menjadi porsi terkecil dalam pengembangan dibandingkan dengan sektor application dan infrastructure .

Pengembangan SDM membutuhkan sebuah perencanaan yang matang, sehingga istilah competence dalam makna memiliki knowledge (pengetahuan), skill (ketrampilan) dan attitude (sikap) dapat diwujudkan selaras dengan kebutuhan.

Framework yang digunakan untuk mengidentifikasi job role dan kompetensinya adalah European E-Competence Framework (standar eropa).

Proses Komptensi

  • Mengidentifikasi kompetensi
  • Menentukan level
  • Mengidentifikasikan Job Title
  • Memetakan Level ke dalam Job Title
  • Metode asesmen
  • Mendapatkan gap analysis dan menentukan pemenuhan gap dengan pelatihan

kompetensi

Contoh Framework Kompetensi & Job Role

Contoh hasil identifikasi kompetensi

Chat via Whatsapp