Diskusi Bersama Persiapan Implementasi E-Government Dinas Kominfo Se-Kalimantan Tengah

Memasuki tahun 2017, Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika membuat peraturan mengenai pendirian Dinas Komunikasi dan Informatika di seluruh kabupaten/kota di Indonesia. Hal ini dilakukan untuk percepatan implementasi e-government di Indonesia. Sebagai perpanjangan tangan pemerintah pusat, Dinas Komunikasi dan Informatika menjadi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) utama dalam urusan komunikasi, informatika, dan termasuk statistik serta persandian.

Sebagi OPD baru, banyak aparatur sipil negara (ASN) yang menduduki jabatan di Dinas Kominfo belum memahami benar mengenai tugas pokok dan fungsinya dalam kegiatan sehari-hari. Inixindo Jogja bekerja sama dengan Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Provinsi Kalimantan Tengah dan didukung oleh Kementerian Kominfo Republik Indonesia mengadakan Forum Diskusi bertajuk “Mempersiapkan Dinas Kominfo Sebagai Leading Sector Penerapan E – Government Di Daerah” pada hari Senin, 24 Juli 2017. Bertempat di Aula Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Provinsi Kalimantan Tengah, acara ini dihadiri oleh seluruh perwakilan dari 14 kabupaten/kota yang ada di Provinsi Kalimantan Tengah.

Bapak Bambang Dwi Anggono atau yang akrab disapa Pak Ibenk yang merupakan Kasubdit Teknologi dan Infrastruktur e-Government Kementerian Kominfo Republik Indonesia didaulat menjadi narasumber bersama dengan Bapak Andi Yuniantoro, Direktur Inixindo Jogja. Dalam forum diskusi, Pak Ibenk banyak memaparkan mengenai anjuran pemerintah pusat tentang implementasi e-government yang menjadi tugas pokok Dinas Kominfo. Pak Ibenk juga banyak memberikan arahan mengenai pentingnya pelatihan dan pengembangan SDM untuk memenuhi kompetensi yang dibutuhkan oleh ASN Dinas Kominfo. Bapak Andi Yuniantoro selaku Direktur Inixindo Jogja memberikan paparan mengenai perkembangan dunia dan teknologi di masa kini, bagaimana informasi dapat memberikan pengaruh besar termasuk di bidang pemerintahan. Beliau juga memberikan paparan mengenai 10 urusan Dinas Kominfo yang sudah disusun oleh tim Inixindo Jogja.

Perwakilan dari masing-masing kabupaten/kota sangat antusian dan menyambut baik kegiatan yang digagas oleh Inixindo Jogja dan Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Provinsi Kalimantan Tengah ini. Para peserta sangat terbantu dengan paparan dan diskusi yang diadakan sehingga mereka mulai memahami mengenai tupoksi Dinas Kominfo dengan masing-masing bidang jabatannya.

   
Chat via Whatsapp