Event Recap : SPBE Sebagai Katalis Menuju Smart City

Pada hari Kamis tanggal 18 Oktober 2018 yang lalu Inixindo Jogja bekerjasama dengan Lintasarta mengadakan seminar dengan judul “SPBE Sebagai Katalis Menuju Smart City. Bertempat di Ballroom Sahid Jaya Hotel & Convention Yogyakarta, acara ini dihadiri oleh Dinas Komunikasi dan Informasi Kota/Kabupaten dari seluruh Indonesia. Acara yang didukung sepenuhnya oleh Kementerian Komunikasi & Informasi ini memberikan gambaran bagaimana hubungan antara SPBE dan smart city sehingga bisa menjadi suatu sinergi dalam perencanaan dan pengembangannya.

Beberapa pihak dari swasta dan pemerintahan yang memiliki kapasitas di bidang smart city dari segi sumber daya manusia, regulasi, dan infrastruktur menjadi pembicara di dalam seminar ini. Bapak Bambang Dwi Anggono sebagai Plt. Direktur Layanan Aplikasi Informatika Pemerintahan Kementerian Komunikasi dan Informatika yang direncanakan menjadi salah satu pembicara seminar walaupun berhalangan hadir tapi tetap mengisi acara melalui video chat Skype secara langsung dari Korea Selatan. Dalam kesempatan kali ini Bapak Bambang Dwi Anggono yang akrab dipanggil Pak Ibenk memberikan beberapa penjelasan terkait Perpres No. 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik. Penjelasan dari Pak Ibenk ini kemudian diteruskan oleh Kasubdit. Layanan Aplikasi Informatika Pemerintahan Daerah Dr. Hasyim Gautama dengan bahasan yang sama.

Acara kemudian dilanjutkan dengan menghadirkan Bapak Andi Yuniantoro, Direktur Inixindo Jogja sebagai pembicara dengan bahasan “Arsitektur Smart City.” Di segmen ini Pak Andi menyampaikan tentang kaitan antar elemen-elemen penunjang smart city seperti aplikasi, infrastruktur, kebijakan, lembaga dan sumber daya manusia. Elemen-elemen tadi disebutkan dalam Perpres No. 94 Tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik di mana tidak hanya melibatkan Kemeterian Kominfo tapi juga badan dan kementerian yang lain. Setelah menyampaikan materi tersebut, acara kemudian dilanjutkan dengan diskusi panel. Banyak dari para peserta yang bertanya bahkan menyampaikan curahan hatinya mengenai kondisi di instansi tempat mereka bekerja.

Tidak hanya sampai di situ, Lintasarta pun turut menyampaikan dua materi yang disampaikan oleh dua pembicara yang kompeten di bidangnya masing-masing. Yang pertama adalah tentang infrastruktur smart city. Di sini peserta seminar langsung menunjukkan antusiasmenya dengan mengajukan banyak pertanyaan tentang hal teknis infrastruktur yang menyangkut implementasi smart city. Di sesi kedua, Lintasarta juga membahas tentang analisis media sosial yang dapat dimanfaatkan oleh melalui social media listening. Dengan teknik ini, perangkat pemerintahan dapat mendengarkan aspirasi rakyat serta pendapatnya dengan memilah antara sentimen negatif dan sentimen positif tentang suatu topik tertentu.

Acara ini diakhiri pada pukul 17.00 WIB. Beberapa peserta di acara ini mengikuti sertifikasi LSP Layanan Teknologi dan Informasi

Tentang Acara

“SPBE Sebagai Katalis Menuju Smart City” merupakan sebuah acara seminar dan diskusi tentang kaitan antara Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dan konsep Smart City sebagai bentuk pendampingan kepada pemerintah daerah dalam perencanaan Smart City

Waktu Pelaksanaan Acara

18 Oktober 2018
08.00 – 17.00 WIB

Tempat Pelaksanaan Acara

Ballroom Sahid Jaya Hotel & Convention Yogyakarta
Jalan Babarsari, Sleman, DIY

Chat via Whatsapp