Kerjasama Inixindo Jogja Dengan Para Kepala Daerah

Mewujudkan predikat sebagai Smart City bagi daerah memerlukan kerja sama dan sinergi dari berbagai pihak. Pengembangan dan pengelolaan kota dengan pemanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk menghubungkan, memonitor, dan mengendalikan berbagai sumber daya yang ada di dalam kota dengan lebih efektif dan efisien untuk memaksimalkan pelayanan kepada warganya serta mendukung pembangunan yang berkelanjutan. Teknologi informasi sangat berperan penting di berbagai bidang seperti bidang pendidikan (e-education), pemerintahan (e-government), keuangan dan perbankan.

Inixindo Jogja terus berupaya untuk berkontribusi dan bekerja sama dengan pemerintahan khususnya pemerintahan daerah dengan menawarkan program program terkait demi mewujudkannya predikat sebagai Smart City.

Magelang, Salatiga dan Boyolali merupakan beberapa kota di Jawa Tengah yang mulai mewujudkan predikat tersebut. Dalam pembahasan di acara “Pemerintah Kota Salatiga yang NgaITi”, Walikota Salatiga, Bapak H. Yulianto, S.E., M.M. sangat mengapresiasi Inixindo Jogja dengan kegiatan tersebut. Bupati Magelang, Bapak Zaenal Arifin, S.IP dan Bupati Boyolali Bapak Drs. Seno Samodro juga menyambut baik program dari Inixindo Jogja dalam pembahasan “Kabupaten Magelang Menuju Smart City” dan “Kabupaten Boyolali menuju Smart City”

Tidak hanya di pulau Jawa saja, Kalimantan pun menjadi daerah tujuan Inixindo Jogja untuk memperluas program program terkait Master Plan e-Government dan juga Smart City, khususnya di Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah. Wakil Bupati Berau, Bapak H. Agus Tantomo, ST. M.Bus dalam kegiatan “Penyusunan Master Plan Teknologi Informasi Pemerintah Kabupaten Berau” sangat antusias dengan program kegiatan yang dilakukan Inixindo Jogja di kabupaten yang terletak di Kalimantan Timur tersebut.

Kabupaten Kotawaringin Barat juga menjadi salah satu yang mengapresiasi program kegiatan Inixindo Jogja dalam “Penyusunan Master Plan Teknologi Informasi Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat” dengan hadirnya Bupati Kotawaringin Barat, Ibu Hj. Nurhidayah, S.H., M.H. pada saat program kegiatan berlangsung.

Sementara itu, dalam program kegiatan di Kabupaten Lamandau dengan tema “Pembuatan  Rencana E-Government Kabupaten Lamandau” bersama dengan Wakil Bupati Lamandau, Bapak Drs. H. Sugiyarto, M.A.P. Inixindo Jogja juga mengundang narasumber dari Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia yaitu Bapak Bambang Dwi Anggono yang lebih akrab disapa Pak Ibeng.

Pembahasan dengan pemerintahan daerah daerah tersebut lebih terfokus pada;

  • Teknologi, penyelenggaraan bidang TIK di pemerintahan direpresentasikan dengan e-Government.
  • Sumber Daya Manusia, penyediaan SDM TIK yang berkompeten menjadi tugas dan pokok fungsi Badan Kepegawaian di masing-masing daerah
  • Perencanaan, pembuatan kebijakan dan strategi e-Government dan Smart City yang dituangkan melalui Master Plan.

Melalui rangkaian program kegiatan diatas, diharapkan daerah-daerah tersebut mulai menyadari pentingnya sinergi berbagai pihak dalam penggerak utama Smart City dan dengan kesadaran akan memiliki SDM yang berkompeten demi mewujudkan cita-cita Smart City. Dengan demikian tujuan utama untuk menyejahterakan kehidupan masyarakat dan untuk membentuk kota yang berkelanjutan dalam bidang ekonomi, sosial, maupun lingkungan dapat segera diwujudkan.

Chat via Whatsapp