Pelatihan CMS dan Teknologi Informasi Dinas Komunikasi, Informasi, dan Statistika Kota Magelang

Aug 8, 2018

Pada hari Selasa,  7 Agustus 2018 kemarin, Inixindo Jogja berkesempatan untuk berkunjung ke Kota Magelang. Dalam kunjungan kali ini, Inixindo Jogja datang memberikan dua pelatihan yang diadakan  oleh Dinas Komunikasi, Informasi, dan Statistika Kota Magelang dengan materi berbeda.

Pelatihan pertama adalah pelatihan mengenai Content Management System atau yang biasa disingkat dengan CMS. Mustofa sebagai instruktur dari Inixindo Jogja memberikan materi tentang WordPress kepada peserta  yang terdiri dari pengelola website di setiap OPD Kota Magelang. Seperti yang kita ketahui, WordPress merupakan CMS open-source yang mudah digunakan bahkan bagi orang yang belum seberapa paham tentang pemrograman web sekalipun.

Pada pelatihan ini peserta mempraktikkan bagaimana menginstall XAMPP, mengelola database dengan MySQL, dan menulis beberapa kode dengan bahasa pemrograman PHP dan Perl. Selain itu, tentu saja peserta juga diajari bagaimana menginstall WordPress dan mempublikasikan konten mulai dari membuat halaman, mengisi konten, serta menset tampilan halaman.

 

 

Kepala Bidang TI Diskominsta Kota Magelang, Tutik Damayati, SE. menyampaikan ke para pengelola website di OPD agar selalu mempublikasikan informasi yang ada di OPD agar dapat diketahui oleh masyarakat umum. Apalagi di era keterbukaan informasi publik ini, informasi apapun yang berhak dan bisa diakses oleh masyarakat harus dipublikasikan.

Setelah pelatihan CMS tersebut usai, Inixindo Jogja kemudian beralih ke pelatihan TI yang dihadiri oleh ibu-ibu PKK Kelurahan Magersari. Acara pelatihan yang dibuka oleh Kepala Diskominsta Drs. Catur Budi Fajar Sumarmo, MM. ini bertujuan untuk meningkatkan pengelolaan administrasi sehingga tertib dalam beradministrasi dan dapat dipertanggungjawabkan.

 

Chat via Whatsapp