ITIL – IT Services Management Foundation

Durasi Pelatihan : 3 Hari

 

Deskripsi Pelatihan

ITIL® digunakan oleh berbagai organisasi secara meluas guna menghasilkan dan meningkatkan kemampuan dalam management pelayanan. Service Management adalah seperangkat kemampuan khusus organisasi dalam penyediaan nilai kepada pengguna layanan. Aspek kemampuan ini merupakan wujud dari fungsi dan proses untuk mengelola layanan melalui lifecycle (siklus hidup), dengan melalui fase strategi, desain, transisi, operasional, serta peningkatan berkelanjutan. Aspek kemampuan juga mewakili kapasitas pelayanan organisasi, kompetensi, dan kepercayadirian dalam bertindak. Tindakan merubah sumberdaya menjadi layanan yang bernilai adalah inti dari service management. Pelatihan ini menyediakan pemahaman awal untuk siapa saja yang terlibat dalam pengadaan, dukungan, dan penyediaan layanan IT (Information Technology). Pelatihan ini terdiri dari sesi penyampaian materi, latihan singkat yang menuntut penggabungan pengetahuan dan pengujian praktis.

Sasaran Peserta Pelatihan

Pelatihan ini menyasar kepada semua level IT Professional, pengguna IT, dan non-IT yang terlibat dalam pengadaan atau menikmati layanan IT.

Prasyarat bagi Peserta Pelatihan

  • Pemahaman umum mengenai Teknologi Informasi dan Komputer
  • Keterlibatan dalam pengadaan atau menerima layanan IT

 

Tujuan Pelatihan

Setelah menyelesaikan pelatihan ini, peserta pelatihan diharapkan mampu:

  • Mendelegasikan dan memahami pentingnya kerangkakerja Integrasi Management Layanan IT menggunakan ITIL® best practice, dapat mengadopsi dan mengadaptasikan dalam organisasinya.
  • Memberikan panduan praktis yang terpercaya terhadap bagaimana upaya mencapai kesuksesan Integrasi Management Layanan IT menggunakan ITIL® best practice melalui pendekatan LifeCycle.
  • Menempuh ujian ITIL® Foundation bidang IT Service Management

 

Garis Besar Materi Pelatihan

  1. Service Strategy – Penyediaan panduan dalam membangun desain, pengembangan dan implementasi management layanan. Memastikan tujuan dan strategi bisnis secara keseluruhan didukung oleh tujuan dan strategi organisasi IT.
  2. Service Design – Penyediaan panduan dalam desain perubahan dan layanan baru hingga implementasi di lapangan.
  3. Service Transition – Penyediaan panduan dalam pengaturan perubahan bersama dengan resiko dan kualitas layanan terkait operasional yang mampu mengatur perubahan tetap dalam kaidah Infrastruktur ICT (Information Computer Technology).
  4. Service Operation – Penyediaan panduan dalam management Infrastruktur ICT hari ke hari. Juga berkontribusi terhadap service management lifecycle untuk melaksanakan proses yang terkait optimalisasi layanan yang diberikan.
  5. Continual Service Improvement – Mengacu kepada service management lifecycle. Mengidentifikasikan peluang untuk melakukan peningkatan dalam layanan dengan memperhatikan kaidah efektifitas, efisiensi dari proses  dan optimalisasi  terkait biaya yang muncul dalam pengadaan layanan IT.
Chat via Whatsapp