Microsoft® Office Excel® 2013: Part 1, 2, 3

Durasi Pelatihan :  3 Hari

 

Deskripsi Pelatihan

Dengan menguasai ketrampilan dasar komputer seharusnya anda sudah Mulai terbiasa mengerjakan pekerjaan sederhana menggunakan komputer, Dibandingkan dengan menggunakan kertas atau kalkulator. saatnya untuk berpikir tentang menggunakan komputer untuk menyimpan dan memanipulasi data dalam format elektronik.

Ketika Anda secara manual menghitung dan merekam data di atas kertas, Anda harus menghitung ulang setiap kali Anda menambahkan data baru. Jika Anda bekerja dengan data yang besar, pada saat Anda telah menghitung kembali sejumlah data baru, Kadang data berbentuk sheet berbasis dapat dibilang tidak terbaca. Hal ini memaksa Anda untuk membuat salinan baru setiap kali perubahan data. Memperbarui data dalam lembar kerja Excel cepat dan mudah. Yang perlu Anda lakukan adalah memasukkan data baru dan mengkonfigurasi lembar sehingga perhitungan diperbarui setiap kali perubahan data. Menyimpan data Anda di Excel juga memungkinkan Anda untuk Membuat laporan berdasarkan pada data, melakukan perhitungan, mencetak pekerjaan Anda untuk Sharing dengan orang lain, dan banyak lagi. Dalam kursus ini, Anda akan menggunakan Microsoft Office Excel ® 2013 untuk membuat spreadsheet dan workbook yang dapat Anda gunakan untuk menyimpan, memanipulasi, dan Mensharing data Anda.

Anda juga bisa menggunakan kursus ini untuk memepersiapkan diri untuk sertifikasi MOS (Microsoft Office Specialist) untuk Ujian Microsoft Excel 2013

 

Tujuan Training

Dalam kursus ini, Anda akan mendapatkan pemahaman yang mendasar dari fungsi dasar di Excel 2013. Anda akan mulai dengan Mengenal lingkungan Excel 2013. Dari sana, Anda akan melakukan tugas-tugas dasar yang terkait dengan Pembuatan, Penyimpanan Worksheet Excel dan Penjelajahan terhadap Fitur help di excell 2013. Anda akan menggunakan rumus dan fungsi untuk melakukan perhitungan dalam sebuah worksheet, memodifikasi worksheet dengan memanipulasi sel dan data, mencari data, mengganti data, dan memeriksa kesalahan ejaan. Anda akan memformat worksheet dan mempersiapkan worksheet untuk Dicetak. Anda juga akan mulai bekerja dengan Workbook yang lebih besar yang berisi beberapa Worksheet.  Pada Akhirnya, Anda akan Mulai terbiasa dan mengenal bagaimana excell bekerja untuk memenuhi kebutuhan Anda.

 

Target Pelatihan

Kursus ini ditujukan untuk orang yang ingin mendapatkan pemahaman dasar tentang Microsoft Office Excel 2013 yang diperlukan untuk Pembuatan dan pengembangan Worksheet.

 

Prasyarat Peserta Pelatihan

  • Menggunakan Microsoft® Windows® 8
  • Microsoft® Windows® 8 Transisi dari Windows 7
  • Pengenalan  untuk kursus PC

 

Output Pelatihan

Anda Dapat:

  • Mengetahui cara memuali Bekerja dengan Excel 2013.
  • Melakukan Kalkulasi menggunakan excel 2013.
  • Mengubah
  • Memformat worksheet.
  • Mecetak kontent workbook.
  • Mengelola workbooks dalam jumlah besar.
  • Mengcustomisasi environment Excel.
  • Membuat advanced formula.
  • Menganalisa data dengan logic dan lookup functions.
  • Mengorganisasi worksheet data dengan menggunakan table.
  • Memvisualisasikan data dengan menggunakan Grafik.
  • Menganalisa data degan menggunakan PivotTables, slicers, dan PivotCharts.
  • Menambahkan Gambar atau objects.
  • Meningkatkan Kinerja workbooks.
  • Membuat Fungsi Otomatis di worksheet.
  • Melakukan Audit pada Worksheet.
  • Menganalisis data.
  • Dengan Banyak File Excell.
  • Impor dan ekspor data.

 

Garis Besar Pelatihan

Excel Part 1

Lesson 1: Cara Memulai Bekerja Menggunakan Microsoft Excel 2013

Topic A: Mengidentifiaksi Element interface Excel
Topic B: Membuat Basic Worksheet
Topic C: Memanfaatkan Help System

Lesson 2: Melakukan Kalkulasi

Topic A: Membuat sebuah Formula di Worksheet
Topic B: Menambahkan Formula di Worksheet
Topic C: Memakai Ulang sebuah Formula

Lesson 3: Mengubah Worksheet

Topic A: Memanipulasi Data
Topic B: Tambah, Ubah, dan Hapus Cells, Columns, dan Baris.
Topic C: Mencari Record  dan Mereplace Record
Topic D: Spell Check di sebuah Worksheet

Lesson 4: Memformat Worksheet

Topic A: Mengubah Fonts
Topic B: Menambah Borders dan warna ke Cells
Topic C: Menerapkan Number Formats
Topic D: Merapikan Cell Contents
Topic E: Menerapkan Cell Styles

Lesson 5: Mencetak Contents Workbook

Topic A: Menentukan halaman Layout untuk sebuah Workbook
Topic B: Memperbaiki Page Layout dan Menerapkan Print Options

Lesson 6: Mengelola Workbooks dalam jumlah Besar

Topic A: Memformat Worksheet Tabs
Topic B: Mengelola Worksheets
Topic C: Mengelola Tampilan Worksheets dan Workbooks

Lesson 7: Mengcustomisasi Excel Environment

Topic A: Mengcustomisasi General and Language Options
Topic B: Customize Formula Options
Topic C: Mengcustomisasi Format Penyimpanan
Topic D: mengcustomisasi Ribbon dan Quick Access Toolbar
Topic E: Mengaktifkan Add-Ins
Topic F: Mengelola Trust Center Options

Excel Part 2

 

Lesson 1: Membuat Advanced Formulas

Dalam modul ini peserta akan dikenalkan tetang cara menggunakan Anvanced Formula. Yaitu penggunaan Formual yang lebih dalam seperti mengelola sebuah string. Mengambil karakter tertentu dalam sebuah kata dan lain sebagainya.

Lesson 2: Menganalisa Data Dengan Logic dan Lookup Functions

Dalam modul ini peserta akan diajarkan cara menggunakan Logic Function seperti IF, lookup function seperti Vlookup, Hlookup,Lookup, match dan lain sebagainya.

Lesson 3: Mengelola Worksheet Data dengan Tables

Modul ini akan menjelaskan kepada peserta tentang penggunaan table didalam worksheet. Pengolahan data dengan menggunakan table dan tatacara pembuatan table didalam worksheet.

Lesson 4: Memvisualisasikan Data dengan Grafik

Modul ini mengajarkan kepada peserta cara membuat sebuah grafik, mengubah grafik, membuat trend line dan pengetahuan lebih lanjut tentang pengelolaan grafik.

Lesson 5: Menganalisa Data dengan PivotTables, Slicers, and PivotCharts

Modul ini mengajarkan kepada peserta cara membuat pivot table, filter data dengan menggunakan Slicer, dan menganalisa data dengan menggunakan PivotChart.

Lesson 6: Menambahkan Gambar

Modul ini mengajarkan kepada peserta tentang tatacara menambahkan gambar ke dalam worksheet, memodifikasi graphic object, Layering, Grouping Object, dan tatacara penggunaan smartArt.

Lesson 7: Memperkaya Workbooks

Modul ini mengajarkan kepada peserta tentang tatacara memperkaya worksheet dengan berbagai macam vitur semisal dengan menggunakan tema, menggunakan atau membuat template, dan memproteksi files.

Excel Part 3

 

Lesson 1: Automating Worksheet Functionality

Dalam topik ini peserta training akan belajar cara mengupdate properties dari sebuah file atau workbook, membuat dan mengedit macro, mengimplementasikan conditional formating untuk menjaga integrity data, menambahkan validasi didalam input data.

Lesson 2: Auditing Worksheets

Modul ini mempelajari topik tentang  tatacara menelusuri sumber dari sebuah function melalui trace cells, troubleshooting jika terjadi formula errors, mengevaluasi formula yang error melalui tools watch, dan membuat data list.

Lesson 3: Analyzing and Presenting Data

Modul ini mempelajari topik tentang  tatacara membuat sparklines, membuat sebuah scenario, perform what-if analysis, perform statistical analisis menggunakan toolpack, membuat interactiv data dengan menggunakan Power view.

Lesson 4: Working with Multiple Workbooks

Modul ini mempelajari topik tentang consolidasi data, membuat link cells ke workbook atau file yang berbeda sehingga memungkinkan untuk melakukan open file hanya dengan klik di sebuah cell, dan melakukan merge workbook.

Lesson 5: Exporting Excel Data

Modul ini mempelajari topik tentang Export Import Excel, export excell kedalam format coma delimiter, import delimited text file, mengintegrasikan excell data dengan web, dan melakukan web query yang memungkinkan pengambilan data dari internet sehingga jika data di internet di update maka data di excell pun ikut berubah.

Chat via Whatsapp