4 Manfaat Implementasi IT Service Management untuk Perusahaan

IT Service Management  memiliki berbagai manfaat untuk perusahaan, salah satunya adalah dalam meningkatkan pelayanan IT dengan lebih efisien.

Keberhasilan sebuah bisnis bergantung pada berbagai hal, salah satunya adalah infrastruktur teknologi informasi yang dijalankan dengan baik. Untuk mengelola infrastruktur IT dalam perusahaan anda, maka perlu mengimplementasikan IT Service Management atau ITSM.

Apa itu IT Service Management?

IT Service Management atau manajemen layanan teknologi informasi adalah sebuah aktivitas yang mengacu pada proses perancangan, pembuatan, dukungan, dan pengelolaan siklus hidup layanan TI itu sendiri.

Selain itu, ITSM juga diartikan sebagai sebuah proses untuk mengelola sistem IT, yang secara filosofis terpusat pada perspektif konsumen layanan IT terhadap perusahaan.

ITSM dapat dikatakan sebagai suatu kemampuan untuk memberikan nilai kepada pelanggan dalam bentuk layanan. Tentunya, Implementasi IT Service Management membutuhkan peran seorang IT Service Manager.

ITSM punya banyak manfaat untuk perusahaan anda, apa saja?

Manfaat IT Service Management untuk perusahaan anda

1. Meningkatkan kualitas dan efisiensi

Kualitas dan efisiensi merupakan hal yang sangat penting dalam penyediaan suatu layanan. 

IT Service Management dapat memaksimalkan segala sumber daya yang ada dan menjadikan tingkat keefisienan bertamah, sehingga menghasilkan kualitas yang sempurna. 

Selain itu, IT Service Management juga memungkinkan layanan yang dapat diandalkan selama 24 jam penuh.

2. Mengurangi risiko perubahan IT

Dalam sebuah bisnis, perubahan bisa menimbulkan berbagai permasalahan tertentu jika tidak direncanakan dengan baik.

ITSM mendefinisikan model untuk menerapkan perubahan pada infrastruktur IT Anda tanpa membahayakan proses bisnis. 

Model ini memiliki tahapan yang ditentukan, peran, dan proses untuk merencanakan dan mengkomunikasikan dampak yang terjadi setelah adanya perubahan.

3. Manajemen insiden

Proses ITSM fokus pada pemulihan fungsi bisnis dengan cepat jika terjadi gangguan.

ITSM memungkinkan perusahaan Anda memiliki siklus hidup untuk mengelola insiden, dimana Anda dapat memprioritaskan insiden tertentu berdasarkan tingkat kekritisan. 

4. Manajemen aset

Salah satu konsep utama dalam ITSM adalah IT Asset Management. IT Asset Management merupakan proses untuk memastikan aset organisasi diperhitungkan, dipelihara, ditingkatkan, dirawat, dan dibuang ketika sudah saatnya tiba. 

Sederhananya, IT Asset Management memastikan bahwa asset berharga, berwujud, dan tidak berwujud di dalam organisasi Anda dapat dilacak dan digunakan.

Ingin mendapatkan manfaat-manfaat ini untuk organisasi atau perusahaan Anda?

IT Service Management memiliki banyak manfaat untuk keberlangsungan organisasi atau perusahaan Anda. Anda dapat mempelajari implementasi IT Service Management langsung melalui dengan instruktur yang berpengalaman dan bersertifikasi internasional melalui tombol link DISINI.

Dapatkan Artikel Ekslusif tiap Jum’at Pukul 07:09 langsung ke email kamu.

ajax-loader
× Butuh bantuan?