4 Strategi Mengelola Anggaran IT

Staying on top of the curve doesn’t mean having to go broke

Tidak diragukan lagi bahwa mendintegrasikan teknlogi adalah cara terbaik untuk menjaga bisnis tetap berada dalam kondisi puncak dan kompetitif. Tetapi membangun bisnis yang menguntungkan tentu membutuhkankan anggaran yang tidak murah, terutama pembiayaan IT.

Ada beberapa cara untuk menangani anggaran IT supaya tidak terlalu membengkak. Berikut ini adalah beberapa cara untuk membuat anggaran IT tetap optimal:

Gunakan Teknologi Cloud

Jika anda belum mengadopsi teknologi cloud, setidaknya untuk penyimpanan data, anda benar-benar ketinggalan. Layanan cloud saat ini sudah sangat murah, mulai dari gratis hingga berlangganan tiap bulan. Metode ini lebih dari cukup untuk bisnis kecil hingga menengah dibandingkan harus membeli dan memelihara server fisik dengan harga puluhan juta dan biaya pemeliharaan yang tidak murah.

Tentu saja teknologi cloud tidak berhubungan dengan penyimpanan saja tetapi dapat digunakan untuk berbagi dokumen, software modelling, dan kebutuhan lain. Jika anda masih ragu, coba bandingkan biaya menyewa layanan cloud dengan biaya mempunyai server fisik sendiri

Manfaatkan Aplikasi Gratis

Amati perangkat lunak apa yang memenuhi kebutuhan bisni anda dan lihat apakah ada versi atau alternatif gratis dari perangkat lunak tersebut. Contoh mudahnya adalah Google, Google memiliki rangkaian perangkat lunak yang lengkap dan memiliki versi gratisnya seperti Google Docs, Google Sheets, dan Google Sheets.

Anda juga bisa menerapkan program gratis ke perangkat lunak dengan kegunaan lain, tetapi tetap ingat satu prinsip bahwa kenyamanan adalah hal yang utama. Jika anda nyaman dengan aplikasi gratis seperti Google Docs maka anda berhemat puluhan juta untuk lisensi perangkat lunak.

Otomatisasi Task Rutin.

Sudah banyak perangkat lunak yang mendukung otomasi mulai dari email, social media, hingga penggajian. Tugas yang dulunya dikerjakan dalam waktu berjam-jam kini dapat dilakukan dengan lebih efisien. Tentu teknologi tinggi perlu dioperasikan dengan persiapan dan sumber daya manusia yang sudah terlatih melakukannya

Go Green

Mungkin ini terdengar seperti kampanye lingkungan, tetapi kampanye lingkungan sendiri mendorong teknologi untuk berkembang dengan sangat baik. Contoh mudahnya adalah teknologi LED, mulai dari lampu hingga monitor desktop jika kita menggunakan teknologi LED dapat menghemat biaya energy hingga 50% bahkan lebih. Selain ramah lingkungan, juga menghemat anggaran bukan?

Dapatkan Artikel Ekslusif tiap Jum’at Pukul 07:09 langsung ke email kamu.

ajax-loader
× Butuh bantuan?