4 Tools Analisis dan Visualisasi Data yang Paling Populer

Beberapa tools yang bisa digunakan untuk membantu pengolahan dan visualisasi data, apa saja?

Dalam bisnis modern yang berkelanjutan, analisis merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan. Menurut Stitchdata, analisis menjadi salah satu bagian krusial dan perlu dilakukan dalam menjalankan bisnis modern yang berkelanjutan. Tentunya teknik analisis data ini bisa dibantu dengan kemajuan teknologi.

Di era teknologi seperti sekarang, sudah tersedia berbagai tools untuk melakukan analisis data, tentunya tools yang ada akan sangat membantu dalam proses analisis data.

Meski sudah sangat terbantu dengan adanya tools, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih tools untuk analisis data, seperti memahami jenis data yang akan dianalisis terlebih dahulu.

Adanya tools analisis data bisa mempermudah pekerjaan manusia, sebab tools tersebut bisa membantu dalam mengidentifikasi tren pasar preferensi pelanggan, hingga informasi lainnya.

Lalu, tools apa saja yang bisa digunakan untuk melakukan analisis data? Berikut ulasannya:

1. Tableau

Menurut Software Testing Help, Tableau merupakan salah satu tools yang memiliki fitur sangat lengkap dan canggih dalam visualisasi data.Tools analisis data satu ini disebut-sebut bisa mengerjakan berbagai macam analisis, bahkan hingga ke visualisasinya sekaligus. Selain analisis sangat penting, Visualisasi data juga diperlukan agar data menjadi mudah dipahami oleh orang lain. Tableau bisa melakukan keduanya.

2. Microsoft Power BI

Microsoft Power BI juga menjadi salah satu tools yang bisa digunakan dalam menganalisis data. Tools ini bahkan mampu menyerap data dengan ukuran yang sangat besar.

Melalui Microsoft Power BI, pengguna bisa membuat laporan dan visualisasi data dari berbagai sumber sekaligus. Tools yang dibuat oleh Microsoft ini memiliki berbagai kelebihan, misalnya sudah bisa terintegrasi dengan lebih dari 100 sumber data local dan berbasis cloud. Selain itu, Power BI juga sudah didukung dengan beberapa bahasa pemrograman, seperti DAX, Power Query, Python, dan SQL.

3. Xplenty

Menurut Guru99, Xplenty memiliki berbagai fitur yang canggih dalam hal analisis data, sehingga membuatnya sangat populer. Tools satu ini akan memudahkan pengguna untuk membersihkan dan mengubah data sesuai dengan keinginan.

Tools Xplenty sendiri merupakan salah satu soluusi untuk ETL yang berbasis cloud dan menyediakan pipeline yang sederhana.

Xplenty memiliki beberapa kelebihan, diantaranya transformasi data yang kuat dan keamanan data yang terjamin.

4. Sisense

Selain analisis data, Sisense juga merupakan tools untuk memvisualisasikan data agar lebih mudah dipahami. Berbagai kelebihan juga dimiliki oleh tools ini, salah satunya adalah menggabungkan berbagai macam sumber data dan menyajikannya dengan visualisasi yang menarik.

Uniknya, tools ini menyediakan dashboard yang interaktif untuk berkolaborasi bersama anggota tim.

Dapatkan Artikel Ekslusif tiap Jum’at Pukul 07:09 langsung ke email kamu.

× Butuh bantuan?