5 Cara Mudah Menjaga Keamanan Jaringan

Ancaman cybercrime ini juga berdampak pada keamanan jaringan komputer, sehingga perlu untuk menjaga keamanan jaringan. 

Di era digital seperti sekarang, kejahatan siber atau cyber crime masih banyak terjadi dan mengancam setiap penggunaannya.

Ancaman cybercrime ini juga berdampak pada keamanan jaringan komputer, sehingga perlu untuk menjaga keamanan jaringan. 

Kini setiap perangkat terhubung satu sama lain dalam jaringan, baik melalui kabel maupun nirkabel. Hal inilah yang membuat keamanan jaringan menjadi sangat penting.

Keamanan jaringan jika tidak dijaga dengan baik bisa menimbulkan ancaman-ancaman yang bisa saja merugikan dalam hal material maupun non material.

Lalu, bagaimana cara menjaga keamanan jaringan? Langkah-Langkah apa saja yang perlu dilakukan? Berikut tips-tipsnya:

1. Mengunci jalur akses ke jaringan

Cara paling mudah untuk mengunci jalur akses ke jaringan adalah dengan menerapkan firewall dengan benar. Firewall bertujuan untuk membatasi informasi yang masuk ke jaringan. Selain itu, mencegah orang menggunakan perangkat eksternal yang tidak sah di jaringan. Hal ini dapat menghindarkan dari ancaman virus maupun pencurian data. 

2. Melakukan penilaian keamanan jaringan

Langkah kedua adalah melakukan assesment atau penilaian keamanan jaringan. Namun sebelum melakukannya, identifikasi terlebih dahulu hal-hal yang membentuk jaringan seperti server, router, komputer, firewall, switches, dan lain-lainnya.

3. Dokumentasikan kebijakan keamanan jaringan

Selain melakukan penilaian keamanan jaringan, langkah selanjutnya adalah mendokumentasikan persyaratan keamanan jaringan, baik teknis maupun non teknis.

4. Mengkonfigurasikan perangkat jaringan

Atur dan konfigurasikan perangkat jaringan dengan benar. Hal ini perlu dilakukan untuk menjaga keamanan jaringan. Jika tidak dilakukan dengan baik, maka risiko keamanan akan bermunculan.

5. Tetap memonitor jaringan

Langkah yang seringkali terlupakan adalah memonitoring jaringan secara berkala. Perlu dilakukan monitoring jaringan untuk menjaga keamanannya. jika dilakukan monitoring dengan baik maka masalah-masalah yang muncul bisa langsung terdeteksi.

Dapatkan Artikel Ekslusif tiap Jum’at Pukul 07:09 langsung ke email kamu.

ajax-loader
× Butuh bantuan?