5 Jawaban dari Pertanyaan yang Sering Muncul Tentang Teknologi Cloud

Dalam 20 tahun terakhir tidak ada teknologi yang punya efek besar dalam bisnis modern melebihi cloud computing.

Jika kita bicara tentang bisnis kecil hingga menengah atau seorang entrepreneurs, teknologi cloud telah banyak membuka jalan dan kesempatan tidak hanya dalam bisnis tetapi juga dalam pendekatan produktifitas. Meski begitu masih banyak orang yang ragu-ragu.

Ya, itu sangat wajar karena saat ini beberapa bisnis berjalan seperti biasa tanpa cloud. Tapi benarkah akan berjalan mulus selamanya? Tentu tidak. Kita sudah melihat banyak bidang bisnis yang harus beradaptasi ke teknologi cloud karena dampak pandemi. Jika anda masih ragu-ragu untuk mengadaptasi teknologi cloud, ini adalah jawaban dari pertanyaan yang muncul berkaitan dengan teknologi cloud yang mungkin bisa membuat anda yakin.

Mengapa aku harus berpindah ke teknologi Cloud?

Ada dua alasan – Skalabilitas dan Mobilitas

Skalabilitas
Bisnis yang baik adalah bisnis berkembang, maka untuk itu IT anda harus berkembang bersama bisnis anda. Secara tradisional, mengembangkan bisnis anda berarti mingkatkan alat-alat IT anda atau membeli peralatan baru, itu juga berarti melakukan hal yang sama untuk perangkat lunak dan pembaruannya. Itu akan sangat mahal dan memakan waktu.

Dengan layanan cloud kita bisa membayar biaya bulanan atau tahunan dengan jumlah penyimpanan dan layanan yang kita perlukan. Jika kita perlu menambah layanan, hanya tinggal membutuhkan beberapa langkah klik saja. Artinya penggunaan cloud dan biayanya akan naik atau turun berdasarkan kebutuhan bisnis kita saat ini.

Mobilitas.
Dengan teknologi cloud, data dan aplikasi berbasis cloud kita dapat diakses dari berbagai jenis perangkat yang tersambung dengan internet. Kita bisa bekerja dengan desktop dari Jakarta dan dengan mudah mengaksesnya dari Jogja atau mungkin dari Madrid, Spanyol.
Akses anda lebih mudah karena realtime yang berarti tim kita dapat menangani dokumen dan data secara cepat dan berkolaborasi dengan mudah dari mana saja di seluruh dunia.

Apakah menggunakan cloud benar-benar membuat kita produktif?

Sebagian jawaban mengenai skalabilitas dan mobilitas yang sudah disebutkan diatas sebenarnya sudah cukup. Karena mulai dari konfigurasi, upgrade layanan hingga kolaborasi bisa dilakukan hanya dengan beberapa klik saja, tentu ini membuat waktu yang kita habiskan untuk kegiatan administratif menjadi berkurang dan bisa kita gunakan untuk mengerjakan sesuatu yang lebih penting.

Bayangkan jika satu anggota tim mendapatkan waktu produktif 10 persen dari biasanya, berapa produktifitas tim yang bisa dibangun dengan kolaborasi yang mudah?

Seberapa amankah cloud?

Keamanan menjadi isu penting dalam beberapa tahun belakangan. Tidak ada yang tempat yang 100% aman jika sudah terhubung dengan internet baik untuk cloud maupun server fisik. Sekarang pembedanya adalah apakah server fisik yang kita maintenance sendiri punya kemampuan penanggulangan keamanan sebaik penyedia layanan cloud? Apakah firewall, kata sandi, kebijakan, pembaruan perangkat lunak dan opsi enkripsi pada server fisik kita lebih baik? Anda perlu mengeceknya sendiri.

Apakah Cloud lebih hemat biaya?

Ya. Seperti yang dijelaskan diawal tadi. Besar-kecilnya biaya cloud bergantung pada kebutuhan bisnis kita. Dan untuk alasan skalabilitas cloud lebih unggul karena membutuhkan biaya yang lebih sedikit dibandingkan upgrade dengan server fisik. Jadi sesuaikan dengan kebutuhan anda. Bahkan untuk personal atau bisnis kecil, sudah banyak layanan cloud yang memberikan layanan starter mereka secara gratis.

Jadi saya harus mulai dari mana?

Banyak pilihan penyedia layanan cloud. Perusahaan besar seperti Amazon, IBM, DropBox, Microsoft dan Google punya fitur dasar yang hampir mirip dan punya ekosistem pendukung yang berbeda-beda. Jadi sesuaikan dengan kebutuhan bisnis anda dan tidak harus satu vendor saja. Luangkan waktu anda untuk membandingkan dan membedakan penyedia layanan yang anda percayai memenuhi kebutuhan dan anggaran anda. Jika anda punya tim IT, pertimbangan mereka sangat berarti. Jika masih ragu anda bisa berkonsultasi dengan professional yang anda percayai.

Mengadopsi teknologi cloud adalah keputusan penting yang harus diambil, jadi jangan terburu-buru. Pada saat yang sama jangan biarkan diri anda terdiam dalam keragu-raguan. Semakin cepat anda mengadopsi teknologi cloud, semakin cepat anda mengubah bisnis anda menjadi bisnis yang lebih efisien dan kompetitif. Pertimbangkan poin-pon diatas. Tanyakan pada tim anda, dan lakukan tindakan yang memberikan manfaat untuk bisnis anda.

Dapatkan Artikel Ekslusif tiap Jum’at Pukul 07:09 langsung ke email kamu.

ajax-loader
× Butuh bantuan?