Apa Itu GIT? Tools yang Banyak Digunakan Pengembang Aplikasi

GIT menjadi salah satu tools paling populer dan banyak digunakan oleh para developer aplikasi. Lalu apa itu GIT dan apa saja kelebihannya? 

Dalam pengembangan aplikasi, seorang programmer tentu tidak asing dengan GIT. GIT merupakan salah satu tools yang penting dalam membangun sebuah aplikasi. 

Programmer maupun developer wajib memahami GIT, sebab GIT banyak digunakan di mana-mana. 

Lalu, apa sebenarnya GIT itu? Mari kita bahas bersama-sama.

Apa itu GIT?

GIT merupakan tools yang biasa digunakan para programmer dan developer sebagai control system dalam menjalankan proyek pengembangan software.

GIT sendiri merupakan singkatan dari Group Inclusive Tour, sebuah version control system yang dikembangkan oleh Linus Torvalds pada 2005.

Linus Torvalds juga merupakan pengembang sistem kernel dari sistem operasi Linux.

Tujuan utama penggunaan GIT ini adalah untuk mengelola versi source code program dengan menentukan baris serta kode yang akan diganti atau ditambahkan. 

Hingga saat ini, GIT merupakan version control system yang paling populer dan banyak digunakan. 

Banyak proyek software yang menggunakan GIT sebagai version control systemnya, baik proyek komersial maupun open source.

GIT dikategorikan sebagai DVCS atau Distributed Version Control System. Artinya, kode tidak hanya memiliki satu tempat penyimpanan history lengkah sebuah software. 

Dengan GIT, setiap salinan kode kerja developer juga berperan sebagai repositori yang bisa berisi riwayat lengkap dari semua perubahan yang sudah dilakukan. 

Selain itu, GIT juga dirancang untuk kinerja, fleksibilitas, dan keamanan yang maksimal.

Apa itu version control system?

GIT merupakan sebuah Version Control System atau software yang membantu tim software mengelola perubahan pada source code.

Version control system mencatat semua modifikasi yang dilakukan pada kode di sebuah database khusus. 

Hal ini bermanfaat bagi developer, sebab jika terjadi kesalahan, developer bisa melihat kode versi awal untuk memperbaiki kesalahan.

Untuk para developer, source code merupakan aset yang sangat penting, sebab source code menyimpan banyak pengetahuan dan pemahaman yang penting.

Version control system ini melindungi source code dari berbagai masalah, termasuk human error dan hal yang yang mengganggu.

Kelebihan GIT

1. GIT banyak digunakan 

GIT banyak digunakan oleh developer di seluruh dunia. Jika kamu ingin mengembangkan aplikasi atau website dengan GIT, banyak developer yang sudah mengerti GIT dan bisa mengaplikasikannya.

2. GIT adalah proyek open source

GIT punya komunitas pengguna yang sangat besar, hingga saat ini, pengguna GIT banyak berbagi tips dan trik penggunaan GIT, sehingga banyak tutorial yang bisa kamu dapatkan.

3. GIT multifungsi

GIT memiliki fungsionalitas, kinerja, keamanan, dan fleksibilitas yang dibutuhkan oleh banyak developer, baik dalam tim maupun personal. Dibandingkan version control system lainnya, kebanyakan developer menggunakan GIT.

4. GIT open source dan gratis

GIT bersifat open source dan gratis, semua orang bisa memanfaatkan GIT secara gratis dan bisa mendapatkan dukungan dari pengguna lain. User base GIT sangat luas dan punya dokumentasi yang tersedia dalam berbagai format, seperti buku, tutorial, hingga website khusus.

ajax-loader
× Butuh bantuan?