CEO Facebook, Mark Zuckerberg Melawan Hoax

Tahun 2018 baru saja kita jajaki. Hampir setiap orang membuat resolusi atau target-target yang ingin dicapai pada tahun ini. Tak terkecuali dengan CEO Facebook Mark Zuckerberg. Hmmm..kira-kira apa ya resolusi yang dibuat oleh Zuckerberg untuk tahun ini?

Ternyata, resolusi Zuckerberg untuk tahun 2018 ini cukup serius dan sulit. Dia menantang dirinya sendiri agar melakukan sesuatu yang lebih baik lagi untuk pekerjaannya. Pada Kamis (4/1) lalu, Zuckerberg mengatakan bahwa resolusi pribadinya di tahun 2018 adalah mencegah agar Facebook tidak digunakan seseorang untuk merugikan masyarakat luas.

Dalam sebuah postingan di Facebook, Zuckerberg menyatakan, “Saat ini dunia merasa cemas dan terpecah, dan Facebook memiliki banyak pekerjaan yang harus dilakukan. Seperti melindungi komunitas kita dari pelecehan dan kebencian, bertahan terhadap gangguan oleh suatu negara atau bangsa, dan memastikan bahwa seseorang menghabiskan waktunya di Facebook dengan baik. Tantangan pribadi saya untuk tahun 2018 adalah berfokus untuk memperbaiki isu-isu penting ini.”

Zuckerberg melanjutkan, “Kami tidak akan bisa mencegah semua kejahatan atau pelecehan, namun saat ini kami membuat terlalu banyak kesalahan dalam menegakkan kebijakan kami. Dan jika kami berhasil mencegah penyalahgunaan instrumen kami, maka kami akan mengakhiri tahun 2018 dalam lintasan yang jauh lebih baik. ”

Pengakuan akan kekurangan Facebook dalam melindungi programnya, muncul setelah mereka melalui tahun yang berat. Facebook, bersama dengan Twitter dan Google, mendapat kecaman sejak pemilihan Presiden Amerika Serikat tahun 2016 atas perannya dalam menyebarkan berita palsu.

Akhir tahun lalu, eksekutif dari Facebook , Twitter dan Google dicecar oleh Kongres Amerika Serikat atas peran mereka dalam pemilihan umum 2016. Beberapa anggota Kongres menyatakan kekhawatiran mereka akan ketidakmampuan jejaring sosial ini untuk melindungi diri mereka sendiri.

Setelah bertahun-tahun mempertahankan berbagai pendapat yang optimis tentang jejaring sosial, akhirnya Zuckerberg harus mengakui sisi gelap dari apa yang mereka bangun.

Dalam sebuah posting yang sangat jujur, Zuckerberg pernah meminta maaf karena cara kerja Facebook yang dibangunnya telah digunakan untuk memecah belah, bukan untuk menyatukan masyarakat.

Dan pada posting yang dia unggah di Facebook Kamis lalu, dia mengatakan akan meminta bantuan sekelompok ahli untuk berdiskusi bersama dan membantu mengatasi masalah ini.

Tahun 2017 dihabiskan oleh Facebook untuk mencoba mengatasi kekhawatiran masyarakat dengan tepat. Perusahaan ini melakukan pertarungan global untuk melawan berita palsu. Sepanjang 2017, Facebook telah membobol puluhan ribu akun palsu serta membuat iklan di surat kabar untuk mencari dan menemukan berita palsu.

Ternyata memang tidak main-main resolusi Zuckerberg tahun ini. Meskipun sulit, namun hal ini memang harus dilakukan. Semakin lama masyarakat sudah jengah dengan begitu banyaknya informasi palsu yang tersebar di Facebook. Yang lebih memprihatinkan lagi adalah kelompok masyarakat yang percaya begitu saja dengan berita-berita tak bertanggung jawab yang mereka temukan di Facebook.

Ayo Facebook, kamu bisa melawan berita-berita palsu yang membuat pertikaian dan perpecahan!

Chat via Whatsapp