#Comday Dashboard Big Data Menggunakan Hadoop dan Zeppelin 1

#Comday Dashboard Big Data Menggunakan Hadoop dan Zeppelin

Data science sempat menjadi cabang ilmu yang populer dengan banyaknya perusahaan yang ingin merekrut data scientist. Hal ini tidak lepas dari perkembangan teknologi big data yang membutuhkan penanganan khusus oleh seorang yang benar-benar memiliki spesialisasi di bidang data science dan big data. Berbicara tentang data scientist dan big data, tentunya big data tidak lepas dari tools yang dipakai oleh data scientist dalam menunjang pekerjaannya.

KIta tentunya kenal dengan teknologi dari Hadoop yang telah memunculkan perangkat lunak pendukung yang memenuhi ekosistem Big Data seperti Hive, JDBC, Flink, lens, BigQuery, Casandra, Mahout dan yang lainnya. Masing-masing perangkat lunak tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing sehingga cukup merepotkan bagi seorang data scientist jika ingin memanfaatkan kelebihan masing-masing perangkat lunak.

Fitur-fitur yang dimiliki oleh setiap perangkat tersebut sebenarnya memang sangat dibutuhkan oleh seorang data scientist untuk menunjang aktivitas yang rutin dilakukan dalam pekerjaannya, seperti:

  • Data ingestion
  • Data discovery
  • Data analytics
  • Data visualization & collaborations 

Tentunya setiap perangkat lunak terkadang memiliki bahasa pendukungnya sendiri-sendiri dan juga interface masing-masing yang membuat kolaborasi data menjadi rumit. Di sinilah Apache hadir memberikan solusi dengan produknya yaitu Zeppelin. Apache Zeppelin merupakan web based notebook untuk data analytics interaktif yang dilengkapi dengan visualisasi data. Apache Zeppelin memiliki kelebihan yaitu mendukung lebih dari 20 teknologi back-end.

Ingin mengenal lebih dalam tentang penggunaan Hadoop dalam Apache Zeppelin untuk dashboard big data? Ikuti Community Day dengan topik “Dashboard Big Data Menggunakan Hadoop dan Zeppelin” pada hari Kamis, 8 Agustus 2019 pukul 14.00 WIB di EduparX, Inixindo Jogja.

Biaya

Free (tempat terbatas)

DATE AND TIME

Kamis, 8 Agustus 2019
14.00 WIB – Selesai

LOCATION

Eduparx – Inixindo Jogja
Jalan Kenari No 69 Yogyakarta
View Maps

Maaf, registrasi ditutup karena kapasitas peserta telah terpenuhi

WhatsApp Chat via Whatsapp