https://www.rapa-puru.com/ https://ingemantspa.cl/ https://103.63.25.105/
https://fmipa.unpad.ac.id/wp-includes/robopragma/ https://unram.ac.id/wp-content/slot88/ https://fmipa.unpad.ac.id/wp-content/vvip2024/
Fitur-fitur Mikrotik Untuk Mempermudah Pengelolaan Jaringan – Inixindo Jogja

Fitur-fitur Mikrotik untuk Mempermudah Pengelolaan Jaringan

Nama Mikrotik sangat populer, khususnya untuk Anda yang bekecimpung di dunia IT dan jaringan. Mikrotik punya banyak fitur yang memberikan kemudahan untuk pengelolaan jaringan Anda.

Mikrotik sering didefinisikan sebagai router, tetapi keduanya sangat berbeda. Router adalah perangkat keras untuk menjembatani dua jaringan, sedangkan Mikrotik adalah sistem operasi yang bersifat open source system yang biasa digunakan untuk mengelola jaringan.

Banyak digunakan dalam mengelola jaringan, Mikrotik punya fitur yang sangat beragam, seperti manajemen bandwidth, stateful firewall, hotspot for plug-and-play access, remote winbox GUI admin, dan routing.

Mikrotik punya beberapa fungsi yang dapat mempermudah jaringan Anda, antara lain:

1. Sistem autentikasi dan konfigurasi jaringan lokal

Mikrotik punya fitur autentikasi pada pengguna yang ingin menggunakan jaringan Anda. Fitur ini akan memberikan keamanan pada jaringan, sebab user perlu memasukkan username dan password pada login page yang disediakan.

2. Pengelolaan terpusat

Fitur ini akan mempermudah admin jaringan Anda, sebab konfigurasi internet pada Mikrotik bisa dilakukan secara terpusat. Sehingga admin jaringan tidak perlu mengatur konfigurasi jaringan satu-persatu.

3. Bisa berperan sebagai hotspot

Mikrotik bisa melakukan konfigurasi dan membagi bandwidth bagi setiap jaringan komputer, selain itu juga bisa memisahkan bandwidth traffic data internasional dan lokal.

4. Bisa diaplikasikan untuk jaringan wireless

Mikrotik bisa diaplikasikan untuk jaringan internet tanpa kabel atau wireless yang saat ini banyak digunakan, ini akan mempermudah pengelolaan jaringan di tempat ramai pengunjung yang dinamis dengan jumlah yang berubah-ubah.

Ingin belajar mengelola jaringan dengan Mikrotik?

Mikrotik mempunyai segudang fitur canggih yang bisa digunakan dalam mengelola infrastruktur jaringan. Namun Anda juga perlu memiliki kemampuan untuk mengkonfigurasi hardware Mikrotik agar mampu bekerja maksimal untuk mengelola sebuah infrastruktur jaringan. 

Jika Anda ingin mempelajari bagaimana mengelola traffic jaringan menggunakan Mikrotik? Daftar sekarang dan ikuti kelas Traffic Management with Mikrotik dengan instruktur yang yang berpengalaman dan bersertifikasi internasional DISINI.

Dapatkan Artikel Ekslusif tiap Jum’at Pukul 07:09 langsung ke email kamu.