Comday Recap: Internal Audit TIK BPR Berbasis Peraturan OJK

Feb 14, 2019

Pada tanggal 14 Februari 2019 kemarin, Inixindo Jogja menyelenggarakan Community Day yang secara rutin diselenggarakan setiap dua minggu sekali. Kali ini tema yang diangkat adalah audit TIK BPR yang sesuai dengan peraturan OJK. Acara Comday ini menghadirkan Adrian The yang berpengalaman dalam masalah audit teknologi informasi dan keamanan informasi. Instruktur dari Inixindo Jogja yang biasa dipanggil Mas Adrian ini menyampaikan tentang bagaimana audit intern TIK harus berbasis pada manajemen resiko IT dalam menentukan prioritas utama. Acara ini dihadiri oleh staff ataupun manajemen dari BPR di wilayah Jateng dan DIY.

Seperti yang kita ketahui transformasi digital mengubah cara orang dalam memandang dunia perbankan dan finansial. Banyak dari pengamat teknologi mengatakan “sekarang kita memang masih membutuhkan proses banking tapi kita sudah tidak memerlukan bank lagi.” Seperti yang kita ketahui bahwa peran bank dapat digantikan oleh fintech startup yang baru saja bermunculan. Berbeda dengan era sebelumnya, yang dituntut oleh masyarakat digital sekarang ini adalah kemudahan layanan.

Agar tak kalah bersaing dengan fintech startup tersebut, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebenarnya telah memacu Bank Perkreditan Rakyat (BPR) maupun Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) untuk meningkatkan kapabilitas teknologi informasi yang dimiliki agar tak kalah bersaing dengan startup atau bank konvensional yang jauh lebih canggih. OJK telah mengeluarkan regulasi mengenai penerapan TIK di lingkungan BPR yaitu POJK Nomor 75/POJK.03/2016 dan SEOJK Nomor 15/SEOJK.03/2017 tentang Standar Penyelenggaraan Teknologi Informasi Oleh Bank Perkreditan Rakyat dan Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPR/BPRS). Untuk memastikan bahwa penerapan TIK di BPR sudah sesuai dengan standar yang ditentukan dalam regulasi OJK tersebut, maka BPR harus memiliki divisi Audit Internal yang dapat memberikan assurance (kepastian) serta rekomendasi perbaikan terhadap penerapan TIK agar BPR mampu melakukan Transformasi Digital dengan sukses demi peningkatan kinerja dan jangkauan nasabah secara radikal.

Untuk anda yang belum sempat mengikuti Community Day ini dapat mengunduh materi dibawah ini

Download

Comday Recap: Internal Audit TIK BPR Berbasis Peraturan OJK 2
Comday Recap: Internal Audit TIK BPR Berbasis Peraturan OJK 3
Comday Recap: Internal Audit TIK BPR Berbasis Peraturan OJK 4
WhatsApp Chat via Whatsapp