Comday: Pemanfaatan Teknologi IoT dalam Smart City 1

Comday: Pemanfaatan Teknologi IoT dalam Smart City

Komponen penting dalam transformasi digital adalah pemanfaatan data. Akan tetapi, pemanfaatan data tidak akan bisa dilakukan tanpa adanya sumber data yang masif. Oleh karena itu, banyak yang beranggapan bahwa teknologi internet of things (IoT) merupakan pemicu dari transformasi digital. Teknologi Internet of Things (IOT) sendiri telah banyak dimanfaatkan untuk alat-alat wearables yang selalu melekat di tubuh pengguna seperti smartwatch, Google Glass, dan masih banyak lagi. Selain itu, alat-alat di dalam rumah, otomatisasi untuk rumah atau perkantoran juga memanfaatkan teknologi IoT yang sering dikategorikan sebagai rumah pintar atau smart home. 

IoT juga diterapkan dalam alat-alat untuk mendukung ekosistem dengan skala yang lebih besar seperti smart city. Contoh pemakaian IoT adalah smart pole dan early warning system untuk kebakaran, bencana alam dan lainnya. Lalu ada GPS yang bisa digunakan untuk tracking kendaraan operasional maupun transportasi umum. dan sebagainya dimana data dari perangkat dengan teknologi IoT tersebut dapat dipergunakan sebagai salah satu sumber data untuk analisis yang dimunculkan dan dilakukan di dalam command center. 

Di dalam command center memiliki beberapa komponen seperti Building (bangunan), Multimedia (TV, Audio, Camera), dan Platform (Software / Aplikasi analisis data).

Dalam comday ini akan didemokan bagaimana konfigurasi IoT dengan Arduino untuk membantu mendeteksi kondisi di suatu tempat, dan mengirimkan data nya ke sebuah Application Programming Interface (API) untuk kemudian dimunculkan ke dalam command center.

Biaya

Free (tempat terbatas)

DATE AND TIME

Kamis, 29 Agustus 2019
14.00 WIB – Selesai

LOCATION

Eduparx – Inixindo Jogja
Jalan Kenari No 69 Yogyakarta
View Maps

Registrasi

WhatsApp chat Chat via Whatsapp