https://www.rapa-puru.com/ https://ingemantspa.cl/ https://103.63.25.105/
https://fmipa.unpad.ac.id/wp-includes/robopragma/ https://unram.ac.id/wp-content/slot88/ https://fmipa.unpad.ac.id/wp-content/vvip2024/
Seberapa Penting Web App Penetration Testing Untuk Perusahaan? – Inixindo Jogja

Seberapa Penting Web App Penetration Testing untuk Perusahaan?

Reputasi perusahaan dipertaruhkan ketika dihadapkan dengan serangan siber. Bukan hanya kerugian material, berbagai kerugian lain bisa terjadi. Web App Penetration Testing bisa menjadi solusi untuk menutup celah yang bisa saja diserang oleh hacker.

Keamanan siber atau cybersecurity menjadi isu yang perlu diperhatikan di era yang serba digital ini, sebab berbagai serangan siber seringkali terjadi dan menimbulkan kerugian. Serangan siber tidak pandang bulu dan bisa saja menyerang perusahaan maupun instansi. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menangkal serangan siber ini adalah dengan pengujian penetrasi aplikasi web atau Web App Penetration Testing.

Pengujian aplikasi web atau Web App Penetration Testing merupakan pendekatan yang paling populer, dan banyak dilakukan untuk memitigasi serangan siber yang mungkin terjadi pada aplikasi web. Sebab, hacker atau cybercriminal seringkali memindai ribuan aplikasi web dan situs web untuk mencari celah yang dapat dieksploitasi.

Web App Penetration Testing sangat direkomendasikan untuk menutup celah-celah yang masih ada dari serangan cybercriminal atau hacker dengan cara melakukan serangan simulasi pada web yang sudah ada.

Secara umum, Web App Penetration Testing merupakan serangkaian langkah yang bertujuan untuk mengumpulkan informasi terkait sistem sasaran, dan mencari kelemahan dari sistem tersebut. Hal ini kemudian digunakan evaluasi dan analisa terhadap kemanan dari sebuah sistem. 

Evaluasi dilakukan dengan simulasi serangan pada sistem untuk menemukan kelemahan yang ada. Orang yang melakukan penetration testing ini biasanya disebut dengan Pentest atau Ethical Hacking.

Hasil dari penetration testing ini kemudian dijadikan sebagai feedback untuk pengelola sistem dalam memperbaiki kemanan dari sistemnya.

Pentingnya Web App Penetration Testing untuk sebuah perusahaan

Tentunya di era yang serba digital, keamanan siber sangat diperlukan untuk sebuah perusahaan, sebab serangan siber bisa menimbulkan kerugian baik material maupun non material untuk sebuah perusahaan. Berikut alasan pentingnya Web App Penetration Testing untuk sebuah perusahaan maupun organisasi:

1.   Meningkatkan keamanan sistem

Sebuah perusahaan perlu memiliki sistem yang aman dari serangan yang mungkin terjadi. Salah satu hal penting dari Web App Penetration Testing adalah untuk meningkatkan keamanan sistem. Langkah penetration testing akan membantu menemukan celah yang berpotensi menjadi masuknya serangan. Dengan begitu, sistem menjadi lebih aman dari serangan siber yang merugikan perusahaan.

2.   Melindungi data penting perusahaan

Setiap perusahaan tentunya memiliki berbagai data penting, mulai dari data karyawan hingga data lain yang bersifat rahasia. Data-data penting tersebut seringkali menjadi sasaran utama para cyber criminal. Maka dari itu, data penting perusahaan perlu dilindungi. Dengan melakukan penetration testing, sistem keamanan yang lemah bisa diperbaiki sehingga data-data perusahaan bisa terlindungi dengan baik.

3.   Menjaga reputasi perusahaan

Selain menimbulkan kerugian secara material, kelemahan sistem juga akan menimbulkan kerugian lain, salah satunya adalah reputasi perusahaan. Lemahnya sistem keamanan siber pada perusahaan bisa membuat client kecewa, terlebih jika data client sampai bocor karena serangan siber. Maka dari itu dengan melakukan pentest, perusahaan akan terbantu dalam memastikan sistem keamanan mereka. Dengan sistem keamanan yang baik, kepercayaan client juga akan meningkat.

Web App Penetration Testing sangat penting dilakukan untuk menghindari kemungkinan-kemungkinan buruk yang terjadi akibat adanya celah dalam sistem. Untuk melakukan Web App Penetration Testing, diperlukan skill yang mumpuni dan mengerti akan web security. Skill tersebut bisa didapatkan melalui training atau pelatihan, untuk kemudian diimplementasikan di perusahaan maupun organisasi. Dapatkan pelatihan Web App Penetration Testing di Eduparx atau klik disini untuk informasi lebih lanjut.

Dapatkan Artikel Ekslusif tiap Jum’at Pukul 07:09 langsung ke email kamu.