Focus Group Discussion: Master Plan TIK Kabupaten Kotawaringin Barat

Focus Group Discussion: Master Plan TIK Kabupaten Kotawaringin Barat

Kamis, 30 November 2017

Forum Group Discussion Master Plan TIK Kotawaringin Barat yang dilakukan oleh Inixindo Jogja yang juga bekerjasama dengan pemerintah daerah Kabupaten Kotawaringin Barat pada Kamis, 30 November 2017 di Aula Bupati Kotawaringin diharapkan dapat menjadi wadah bertukar informasi tentang manfaat penggunaan TIK dan kebutuhannya di pemerintahan yang dapat membantu pengelolaan sistem informasi, sehingga pemerintahan kota atau kabupaten tersebut dapat memberikan layanan public yang cepat dan juga tepat sasaran.

Kegiatan acara yang diikuti oleh semua OPD Kabupaten Kotawaringin Barat ini dibuka secara resmi  oleh Ibu Bupati Kabupaten Kotawaringin Barat yang diwakilkan oleh Asisten I bapak H. Mahlan, SH. MSi. Pak Andi Yuniarto selaku direktur Inixindo Jogja didaulat sebagai pengisi acara FGD Master Plan TIK Kotawaringin Barat.

Di era teknologi digital seperti saat ini, kita di tuntut untuk mengikuti perkembangan teknologi  agar tidak tergerus zaman.  Sistem pemerintahan administrative di Indonesia juga di tuntut untuk meningkatkan kemampuan dalam mengelola data administrative kependudukan, sehingga mampu meningkatkan pengelolaan informasi.

Google Indonesia bersama Inixindo Jogja sebagai Google Learning Partner

Google Indonesia bersama Inixindo Jogja sebagai Google Learning Partner

Sebagai satu satunya lembaga training IT yang bekerja sama dengan Google,  Inixindo Indonesia, khususnya InixIndo Jogja tidak melewatkan kesempatan bekerja sama dengan Google dalam menyelenggarakan pelatihan Progressive Web Application  (PWA).  Training Google PWA ini juga sebelumnya diadakan di 5 kota di seluruh Indonesia yaitu Jakarta, Bandung, Surabaya, Makassar dan Batam.

Training Google PWA yang dilaksanakan pada hari Jumat, 20 Oktober 2017 di Kolega Café Yogyatourium Dagadu ini sukses dihadiri oleh para software developer. Pengajar Training Google PWA yang diadakan di Jogja adalah Bapak Ifik Arifin dimana beliau merupakan tokoh yang tidak asing lagi bagi para komunitas IT di Indonesia.

Diskusi Bersama Persiapan Implementasi E-Government Dinas Kominfo Se-Kalimantan Tengah

Diskusi Bersama Persiapan Implementasi E-Government Dinas Kominfo Se-Kalimantan Tengah

Memasuki tahun 2017, Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika membuat peraturan mengenai pendirian Dinas Komunikasi dan Informatika di seluruh kabupaten/kota di Indonesia. Hal ini dilakukan untuk percepatan implementasi e-government di Indonesia. Sebagai perpanjangan tangan pemerintah pusat, Dinas Komunikasi dan Informatika menjadi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) utama dalam urusan komunikasi, informatika, dan termasuk statistik serta persandian.

Sebagi OPD baru, banyak aparatur sipil negara (ASN) yang menduduki jabatan di Dinas Kominfo belum memahami benar mengenai tugas pokok dan fungsinya dalam kegiatan sehari-hari. Inixindo Jogja bekerja sama dengan Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Provinsi Kalimantan Tengah dan didukung oleh Kementerian Kominfo Republik Indonesia mengadakan Forum Diskusi bertajuk “Mempersiapkan Dinas Kominfo Sebagai Leading Sector Penerapan E – Government Di Daerah” pada hari Senin, 24 Juli 2017. Bertempat di Aula Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Provinsi Kalimantan Tengah, acara ini dihadiri oleh seluruh perwakilan dari 14 kabupaten/kota yang ada di Provinsi Kalimantan Tengah.

Bapak Bambang Dwi Anggono atau yang akrab disapa Pak Ibenk yang merupakan Kasubdit Teknologi dan Infrastruktur e-Government Kementerian Kominfo Republik Indonesia didaulat menjadi narasumber bersama dengan Bapak Andi Yuniantoro, Direktur Inixindo Jogja. Dalam forum diskusi, Pak Ibenk banyak memaparkan mengenai anjuran pemerintah pusat tentang implementasi e-government yang menjadi tugas pokok Dinas Kominfo. Pak Ibenk juga banyak memberikan arahan mengenai pentingnya pelatihan dan pengembangan SDM untuk memenuhi kompetensi yang dibutuhkan oleh ASN Dinas Kominfo. Bapak Andi Yuniantoro selaku Direktur Inixindo Jogja memberikan paparan mengenai perkembangan dunia dan teknologi di masa kini, bagaimana informasi dapat memberikan pengaruh besar termasuk di bidang pemerintahan. Beliau juga memberikan paparan mengenai 10 urusan Dinas Kominfo yang sudah disusun oleh tim Inixindo Jogja.

Perwakilan dari masing-masing kabupaten/kota sangat antusian dan menyambut baik kegiatan yang digagas oleh Inixindo Jogja dan Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Provinsi Kalimantan Tengah ini. Para peserta sangat terbantu dengan paparan dan diskusi yang diadakan sehingga mereka mulai memahami mengenai tupoksi Dinas Kominfo dengan masing-masing bidang jabatannya.

   
Ayo, Membangun Sinergi antar OPD untuk Mewujudkan Smart City

Ayo, Membangun Sinergi antar OPD untuk Mewujudkan Smart City

Seminar dan talk show bertajuk Membangun Sinergi antar OPD dalam Mewujudkan Smart City digagas oleh Inixindo Jogja dan dilaksanakan pada hari Kami, 4 Mei 2017 di Crystal Lotus Hotel Yogyakarta. Acara ini menjadi wadah untuk menyatukan persepsi dari setiap OPD tentang konsep smart city dan dihadiri oleh pegawai di lingkungan Dinas Kominfo, Bappeda, dan BKD se-Jawa Tengah dan DIY.

Dalam pemaparannya , Bapak Bambang Dwi Anggono selaku Kasubdit Teknologi dan Infrastruktur e-Government atau yang lebih dikenal dengan Pak Ibenk mencoba meluruskan konsep smart city yang lebih terukur. Tujuan dan konsep smart city adalah mewujudkan masyatakat yang sejahtera. Pemerintah daerah harus menemukan cara yang cerdas untuk mengatasi persoalan yang terjadi di daerah dan masyarakat masing-masing. Membangun kepedulian sosial yang cerdas menjadi bagian strategi membangun smart city.

Dalam mewujudkan smart city tidak hanya mengenai penggunaan teknologi terkini dan paling canggih. Sementara ini banyak daerah yang berlomba-lomba menggunakan teknologi canggih dan mengklaim bahwa daerah mereka sudah memiliki predikat smart city. Teknologi dalam hal smart city adalah sebagai enabler. Teknologi dijadikan sebagai alat bantu untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera dan bahagia.

Kemeterian Kominfo , menurut Pak Ibenk berencana membuat standar untuk dapat menjadi tolok ukur smart city yang tepat untuk diterapkan di daerah. Ukuran tersebut dapat menjadi panduan bagi Pemerintah Daerah dalam mewujudkan smart city. Standar ini memperhatikan kekhasan Indonesia, bahkan kekhasan sebuah daerah. Daerah di Indonesia memiliki keragaman yang sangat berbeda satu sama lain, sehingga tidak bisa dipukul rata secara nasional.

Pemaparan dilanjutkan oleh Bapak Andi Yuniantoro selaku direktur Inixindo Jogja. Menyapaikan bahwa fokus seminar dan talk show ini adalah :

  • Teknologi, yakni penyelenggaraan bidang TIK di pemerintahan yang direpresentasikan dengan e-Government di bawah tanggung jawab Dinas Kominfo
  • Sumber Daya Manusia, yakni penyediaan SDM TIK yang mumpuni dan berkompeten menjadi tugas pokok BKD
  • Perencanaan, dalam menuju konsep smart city melalui pembuatan kebijakan dan strategi e-Government yang dituangkan dalam master plan di bwah insiatif Bappeda

Bapak Andi Yuniantoro menegaskan bahwa dalam mewujudkan smart city bukan hanya tanggung jawab dan tugas Dinas Kominfo. Melalui acara seminar dan talk show ini menyinergikan OPD penggerak utama smart city dengan memberikan pemahanan tentang tanggung jawab masing-masing, serta memberi detil juknis dan juklaknya.

Inixindo Jogja memberika apresiasi yang sebesar-besarnya pada seluruh peserta yang hadir dalam acara ini. Sebagai partner pengembangan SDM IT, Inixindo Jogja yang mengusung one stop IT lifecycle solution akan terus mengembangkan kerja sama dengan Pemerintah Daerah dan menjadi partner untuk mewujudkan smart city. Untuk mendownload materi seminar dan talk show silakan klik link download di bawah ini.

Download Materi Ayo Bangun Sinergi Antara OPD dalam Mewujudkan Smart City oleh Andi Yuniantoro
Download Materi Pengembangan Smart City Indonesia – Arah Standarisasi, oleh Pak Ibenk
Chat via Whatsapp