#ComDay – Menerapkan Single Sign On dengan OAuth untuk Integrasi Aplikasi

#ComDay - Menerapkan Single Sign On dengan OAuth untuk Integrasi Aplikasi 1

Salah satu manfaat Sistem informasi adalah menghadirkan informasi dengan cepat dan akurat. Contohnya pengelolaan data kependudukan, jika dikerjakan secara manual, untuk mencari satu data saja bisa memakan waktu yang sangat lama dan kompleks. Adanya manfaat ini menjadi dorongan antusiasme bagi pemerintah baik pusat maupun daerah untuk membuat berbagai sistem informasi dalam rangka melayani masyarakat dengan lebih baik, cepat, dan akurat.

Namun maraknya pembuatan aplikasi ini, seringkali tidak didukung dengan konsep yang terintegrasi, baik dari sisi pemanfaatan data maupun pengelolaan keamanan seperti akses menuju data. Sehingga bagi pengguna sistem, semakin banyak sistem, semakin banyak juga username dan password yang harus mereka hafalkan untuk masuk ke dalam sistem-sistem tersebut.

Solusi untuk masalah ini adalah dengan memanfaatkan konsep Single Sign On (SSO). Dengan konsep ini pengguna sistem dapat mengurangi jumlah username dan password yang harus mereka hafalkan, bahkan ketika mereka mempergunakan perangkat pribadi, pengguna sistem tidak perlu mengisikan apapun untuk masuk ke dalam sistem-sistem tersebut.

OAuth merupakan salah satu protokol standar industri untuk proses otorisasi sehingga kita dapat menerapkan konsep Single Sign On. OAuth memiliki fokus pada penyederhanaan pengembangan aplikasi klien, juga memberikan aliran otorisasi khusus untuk aplikasi web, aplikasi desktop, ponsel, dan perangkat cerdas.

Lalu bagaimana jika aplikasi-aplikasi tersebut sudah terlanjur dibuat tanpa menggunakan SSO sebelumnya? Untuk tahu jawabannya ikuti Comday pada tanggal 16 Mei 2019 di Inixindo Jogja dengan tema “Menerapkan Single Sign On dengan OAuth untuk Integrasi Aplikasi.”

Dalam Comday ini akan dibahas tentang integrasi aplikasi dan analisis pemanfaatan OAuth sebagai teknologi untuk menerapkan Single Sign On di aplikasi-aplikasi yang sudah ada.

Biaya

Free (tempat terbatas)

DATE AND TIME

Kamis, 16 Mei 2019
14.00 WIB – Selesai

LOCATION

Eduparx – Inixindo Jogja
Jalan Kenari No 69 Yogyakarta
View Maps

WhatsApp Chat via Whatsapp