Analisis Data Sektoral

Request Penawaran

Durasi Pelatihan : 2 Hari

Bidang Statistik memiliki tugas pokok Menyusun bahan perumusan kebijakan, menyusun rencana program dan kegiatan, menyelenggarakan pengumpulan, pengolahan, penyajian, analisis, sinkronisasi, koordinasi data dan informasi, bidang sosial, ekonomi, SDA dan infrstruktur serta evaluasi pelaksanaan program di Bidang Statistik. Ada beberapa bidang statistik yang secara langsung dikelola BPS, yakni statistik dasar, statistik sektoral, dan statistik khusus. Secara umum, statistik sektoral adalah statistik yang pemanfaatannya ditujukan untuk memenuhi kebutuhan instansi pemerintah tertentu dalam rangka penyelenggaraan tugas-tugas pemerintah dan tugas pembangunan yang merupakan tugas pokok instansi pemerintah yang bersangkutan. Dalam penyelenggaraan statistik sektoral, instansi pemerintah memperoleh data melalui survei, kompilasi produk administrasi, dan cara lain sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Data statistik yang lengkap, obyektif dan terpercaya diperlukan dalam rangka mendukung perencanaan, pelaksanaan, pengendalian, evaluasi dan pelaporan hasil-hasil pembangunan. Untuk memperoleh data yang maksimal, metode statistik perlu digunakan dalam penyelenggaraan pemerintahan. Untuk itu, pelatihan ini akan membekali peserta dengan kemampuan menyusun rancangan pembuatan statistik sektoral dengan survei lapangan yang terukur, lewat penyusunan kuesioner, serta analisis data yang didapat untuk beragam kebutuhan.

Manfaat Pelatihan

Dalam pelatihan ini, peserta akan :

  • Memahami kegiatan pembuatan Statistik Sektoral
  • Memahami pengambilan sampel serta pelaksanaan survei yang baik
  • Membuat kuesioner tipe F3 untuk Statistik Sektoral
  • Menguasai Microsoft Excel untuk analisis data statistik sektoral
  • Membuat Tabel-tabel Statistik Sektoral dengan kriteria tertentu
  • Membuat Grafik-grafik Statistik Sektoral dengan kriteria tertentu
  • Melakukan Analisis Statistik Deskriptif pada Meta Data
  • Melakukan Pembuatan Statistik Sektoral sesuai kebutuhan

 

Outline Pelatihan

Pelatihan ini akan membekali peserta dengan kemampuan menyusun rancangan pembuatan statistik sektoral dengan survei lapangan yang terukur, lewat penyusunan kuesioner, serta analisis data yang didapat untuk beragam kebutuhan

  1. Mengenal Statistik Sektoral
  2. Mengenal website resmi BPS: SIRUSA
  3. Dasar-dasar Survei
  4. Pembuatan Kuesioner yang Baku
  5. Membuat Kuesioner untuk Statistik Sektoral dengan pedoman Formulir FS-3
  6. Analisis Validitas dan Reliabilitas Kuesioner
  7. Teknik Sampling (Menentukan dan mencari Sampel)
  8. Menghitung beragam data statistik dasar, seperti Angka Melek Huruf (AMH), Angka Partisipasi Kasar (APK), Angka Putus Sekolah (APTS) dll.
  9. Analisis Meta Data Statistik
WhatsApp Chat via Whatsapp