Capacity Building untuk Meningkatkan Kinerja ASN

Durasi Pelatihan : 3 Hari

 

Deskripsi Pelatihan

Agar sebuah organisasi dapat berkembang dan dapat terus beradaptasi dengan perubahan lingkungan organisasi, pembangunan kapasitas (capacity building) SDM menjadi hal yang mutlak harus berjalan dengan baik. Secara umum, capacity building dapat diartikan sebagai proses meningkatkan kemampuan pengetahuan dan keterampilan (skills), sikap (attitude) dan perilaku (behaviour) dari SDM. Pembentukan dan pengembangan kapasitas merupakan suatu proses yang dilaksanakan pada tiga level/tingkatan, yaitu individu, kelompok dan institusi atau organisasi, dan bertujuan untuk menjamin kesinambungan organisasi melalui pencapaian tujuan dan sasaran organisasi yang bersangkutan. Pada level individu, agar SDM mempunyai kapasitas yang terus berkembang, proses dapat dilakukan mulai dari seleksi, pemberian lingkungan kerja yang memadai, serta pelatihan yang berkesinambungan dalam aspek-aspek penting, seperti kemampuan berkomunikasi, motivasi diri, kemampuan problem solving, kreativitas, dan kepemimpinan.
 

Tujuan Training

  • Memahami pentingnya mengenal dan mengembangkan capacity building
  • Meningkatkan rasa percaya diri dalam bekerja dan berhubungan dengan orang lain
  • Meningkatkan motivasi kerja dan upaya meraih prestasi
  • Meningkatkan kemampuan kerjasama dalam satu tim kerja
  • Memperbaiki komunikasi dengan rekan kerja
  • Meningkatakn pelayanan prima kepada publik
  • Meningkatkan kontribusi SDM pada kinerja organisasi

 

Target Peserta

Peserta adalah Pimpinan, Kepala Bidang, Kepala Seksi dan Staff
 

Output Pelatihan

  • Peserta mampu bekerjasama dengan tim
  • Memiliki motivasi kerja untuk meraih prestasi.
  • Memiliki rasa percaya diri dalam bekerja

 

Garis Besar Pelatihan

1. Konsep dan Pemahaman Capacity Building

2. Tingkatan Capacity Building

  • Tingkatan SDM
  • Tingkatan Organisasi

3. Komunikasi Efektif dalam Pekerjaan

  • Komunikasi efektif dan efisien
  • Mengenali gangguan dalam berkomunikasi efektif
  • Mengatasi keluhan pelanggan

4. Membangun Team Work yang Dinamis

  • Mengenali karateristik tim yang hebat
  • Strategi membangun tim kerja
  • Mengatasi konflik dalam tim

5. Strategi Mengasah Kreativitas

  • Memahami proses bekerjanya kreativitas
  • Mengenali dan mengatasi hambatan menjadi kreatif
  • Proses kreativitas

6. Teknik Melakukan Problem Solving

  • Mengatasi Mental Block dalam Kegiatan Problem Solving
  • Kegiatan Brainstorming penunjang Problem Solving
  • Penggunaan Software FREEMIND untuk Kegiatan Problem Solving

7. Meningkatkan Motivasi Diri

  • Memahami kebutuhan Maslow dalam pencapaian kinerja
  • Mengenali dan mengatasi hambatan motivasi diri
  • Strategi meningkatkan motivasi diri

8. Membangun Etos Kerja

  • Memahami etos kerja
  • Etos kerja dan budaya kerja
  • Membangun etos kerja di tempat kerja

9. Membangun Integritas

  • Arti integritas secara lengkap
  • Revolusi mental dalam upaya membangun integritas
Chat via Whatsapp