Manajemen Kehumasan untuk Pemerintah Daerah

Durasi Pelatihan : 3 Hari

 

Deskripsi Pelatihan

Pemerintah daerah mempunyai peran utama dalam menyelenggarakan pemerintahan yang bersih dan transparan kepada masyarakat. Dalam menjalankan kebijakannya diperlukan peran humas agar dapat menciptakan pengertian kepada masyarakat melalui komunikasi 2 arah. Dalam pelatihan ini peserta akan di berikan pemahaman mengenai pengelolaan kehumasan. Mulai dari membangun reputasi institusi, membangun opini publik yang mendukung, memberikan masukan dalam perumusan kebijakan, mengemas dan menyalurkan komunikasi 2 arah serta menangani krisis reputasi yang terjadi pada institusi.

 

Tujuan Training

  • Peserta memahami konsep-konsep pengelolaan kehumasan
  • Peserta memahami tahapan membangun citra dalam sebuah institusi
  • Peserta mengetahui problem solving dalam menangani krisis reputasi pada perusahaan

 

Target Peserta

  • Kepala Dinas/Badan
  • Kepala Bagian
  • Kepala seksi
  • Staff yang menangani ataupun tertarik dengan bidang humas/kehumasan.

 

Output Pelatihan

  • Peserta mampu membangun opini publik yang mendukung kebijakan pemerintah
  • Peserta mampu memberikan masukan dalam penyusunan kebijakan pemerintah
  • Peserta mampu memberikan solusi terhadap kendala yang muncul terkait permasalahan kehumasan

Garis Besar Pelatihan

  1. Ruang lingkup Manajemen Kehumasan (Public Relation) :
  2. Peran fungsi kehumasan dalam peningkatan image perusahaan.
  3. Perkembangan manajemen kehumasan
  4. Merancang strategi kehumasan

  1. Manajemen komunikasi internal dan eksternal
  2. Komunikasi internal dengan pegawai
  3. Komunikasi eksternal dengan media masa (pers)
  4. Mengelola opini public secara efektif dan efisien :
  5. Memahami karakter opini public
  6. Membangun opini public
  7. Mengatasi krisis dalam kehumasan
  8. Manajemen dan kode etik humas dan Menciptakan budaya perusahaan
  9. Protokoler dan hubungan dengan Humas
  10. Studi kasus dan problem solving dalam kehumasan.