Tata Kelola TIK Pemda

Request Penawaran

Durasi Pelatihan : 2 Hari

 

Deskripsi Pelatihan

Pelatihan ini memberikan panduan umum mengenai penerapan tata kelola yang baik dan benar (Good Governance) untuk implementasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) bagi instansi pemerintah daerah. Materi pelatihan berbasis good practice ini adalah berdasarkan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika nomor 41 tahun 2007 tentang Panduan Umum Tata Kelola Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional. Berdasarkan panduan ini, para peserta akan memahami berbagai prinsip dasar serta model, struktur, dan peran untuk Tata Kelola TIK. Para peserta juga akan memahami penerapan berbagai proses dalam Tata Kelola TIK mulai dari proses penyusunan kebijakan, perencanaan, penganggaran, realisasi, pengoperasian, pemeliharaan, serta pemantauan dan evaluasi agar penerapan TIK bias selaras dengan kebutuhan dan tujuan instansi pemerintah daerah.

Tujuan Pelatihan

  • Memahami konsep dasar dan manfaat Tata Kelola TIK
  • Mengetahui 5 prinsip dasar Tata Kelola TIK
  • Memahami Model Tata Kelola TIK
  • Memahami Struktur dan Peran untuk Tata Kelola TIK
  • Memahami dan menerapkan 5 lingkup proses Tata Kelola TIK
  • Memahami dan menerapkan 2 mekanisme proses Tata Kelola TIK

 

Target Peserta Pelatihan

  • Kepala Dinas TIK
  • Kepala Bagian dan Kepala Sub-Bagian TIK
  • Pejabat Pemerintah Daerah yang tertarik dengan TIK

 

Prasyarat Peserta Pelatihan

Tidak ada prasyarat untuk mengikuti pelatihan ini.

Garis Besar Pelatihan

  1. Konsep Tata Kelola TIK
  2. Kebijakan Umum TIK
  3. Perencanaan Sistem TIK
  4. Penganggaran/Investasi TIK
  5. Realisasi Sistem
  6. Pengoperasian Sistem TIK
  7. Pemeliharaan Sistem TIK
  8. Monitoring dan Evaluasi TIK