Basic Java Programming

Durasi : 3 Hari

 

Deskripsi Pelatihan

Pelatihan ini memberikan kepada peserta berbagai pengetahuan dan keterampilan dasar yang dibutuhkan untuk mampu membuat aplikasi desktop dengan menggunakan teknologi dan bahasa pemrograman Java 2. Materi ini telah dirancang sedemikian rupa sehingga peserta yang masih belum atau baru memiliki sedikit pengalaman di bidang pemrograman dapat mempelajari konsep pemrograman berbasis obyek (Object-Oriented Programming) serta dasar teknik pemrograman bahasa Java dengan tool NetBeans IDE.

Topik pelatihan yang dicakup meliputi dasar sintaks bahasa pemrograman Java 2, konsep pemrograman berbasis obyek, String, pembuatan Graphical User Interface (GUI), eksepsi, static, penanganan event, dan pembuatan file JAR untuk distribusi aplikasi Java. Pada akhir pelatihan ini, peserta akan mampu menguasai dasar pemrograman Java sehingga siap untuk lanjut ke pemrograman Java Web atau Android.

Tujuan Pelatihan

Dalam pelatihan ini, peserta akan mempelajari :

  • Sintaks dasar bahasa pemrograman Java 2 seperti variabel, operator, kendali alur, array, dan kelas String
  • Konsep pemrograman berbasis obyek (Object-Oriented Programming) seperti kelas, obyek, metoda, enkapsulasi, pewarisan, dan konstruktor
  • Cara penggunaan berbagai tool Java seperti NetBeans IDE
  • Cara pembuatan dan penggunaan kelas dan obyek di Java
  • Cara pembuatan aplikasi berbasis GUI dengan teknologi Java Swing
  • Cara pembuatan file JAR untuk distribusi aplikasi ke para pengguna

 

Target Pelatihan

  • Programer Java
  • Pengembang Aplikasi Desktop, Web, dan Android yang menggunakan Java
  • Analis Sistem yang menggunakan Java

 

Prasyarat Peserta Pelatihan

Peserta sudah mengetahui dasar penggunaan komputer dengan Windows atau Linux.

Output Pelatihan

Setelah mengikuti pelatihan ini, para peserta akan mampu :

  • Mengidentifikasi sintaks dasar bahasa pemrograman Java 2 seperti variabel, operator, kendali alur, array, dan kelas String
  • Memahami dan menerapkan konsep pemrograman berbasis obyek (Object-Oriented Programming) seperti kelas, obyek, metoda, enkapsulasi, pewarisan, dan konstruktor
  • Menggunakan berbagai tool Java seperti NetBeans IDE
  • Membuat dan menggunakan kelas dan obyek di Java
  • Membuat aplikasi berbasis GUI dengan teknologi Java Swing
  • Membuat file JAR untuk distribusi aplikasi ke para pengguna

 

Garis Besar Pelatihan

1. Elemen Dasar Java

  • Kerangka Program Java
  • Kompilasi dan Eksekusi Program Java
  • Variabel
  • Cast dan Promosi Variabel
  • Operator
  • Prioritas Operator

2. Kendali Alur Program

  • Penggunaan If, Else If, Else
  • Penggunaan While dan Do While
  • Penggunaan For

3. Array Java

  • Deklarasi Array Java
  • Inisialisasi Array Java

4. String Java

  • Null dan Empty String
  • Membandingkan String
  • Argumen
  • Modifikasi String
  • Penggunaan StringBuffer dan StringBuilder

5. Kelas Java

  • Kelas dan Obyek Java
  • Metoda Java
  • Enkapsulasi
  • Konstruktor
  • Overloading Konstruktor

6. Pewarisan

  • Konsep Pewarisan
  • Overriding Metoda

7. Static

  • Static Modifier
  • Variabel Static
  • Blok Static

8. Eksepsi

  • Kategori Eksepsi
  • Melempar Eksepsi
  • Pembuatan Kelas Eksepsi Sendiri

9. Pembuatan GUI dengan Swing

  • JFrame
  • Container
  • JLabel
  • Input Teks
  • JButton

10. Grafis 2D Java

  • Frame
  • Font
  • Color
  • Teknik Menggambar Grafis 2D

11. Penanganan Event

  • ActionListener
  • Interface Penanganan Event
  • MouseListener

12. JAR dan Package

  • Pembuatan File JAR
  • Pembuatan Package
  • Import Package
Chat via Whatsapp