Developing Microsoft SQL Server Databases

Durasi Pelatihan : 5 Hari

 

Deskripsi Pelatihan

Pelatihan selama 5 hari ini akan mengenalkan SQL server 2014 dan mendeskripsikan design logic tabel, indexing dan query plans. Pelatihan ini juga berfokus kepada pembuatan database object seperti view, storeprocedure, function, dan table. Aspek umum lainya diantaranya seperti procedure coding indexes, concurrency, error handling, dan triggers. Selain itu training ini juga bisa digunakan untuk mempersiapkan diri untuk mengikuti examp 70-464.

Catatan: Pelatihan ini di design untuk peserta yang tertarik untuk belajar SQL Server 2012 atau SQL Server 2014. Pelatihan ini tidak hanya mencakup feature baru di SQL Server 2014 tetapi juga  pengetahuan penting disemua SQL Server Platforms.

 

Target Peserta Pelatihan

Pelatihan ini di peruntukkan intik IT profesional yang ingin menguasai feature dan mengimplementasikan databse SQL Server 2014.

 

Prasarat Peserta Pelatihan

Pelatihan ini membutuhkan minimal requirement sebagai berikut :

  • Pengetahuan tentang penggunaan Query T-SQL
  • Pengetahuan dasar tetang konsep database relasional

 

Output Pelatihan

Setelah menyelesaikan pelatihan ini peserta akan dapat:

  • Memperkenalkan seluruh platform sql server and tools utama yang sering di gunakan. Hal ini meliputi Edisi SQL Server, versi, pengetahuan dasar tentang listener, dan konsep service dan service account.
  • Menentukan type data yang tepat ketika mendesign sebuah table, mengubah type data, dan membuat type data alias.
  • Memahami konsep design yang sesuai ketika mendesign sebuah tables, dan mampu untuk membuat table menggunakan T-SQL(catatan: tidak termasuk table partition).
  • Mengimplementasikan Primary Key, Foreign Key,Default, Check,  Unique constrain, dan menginfestigasi cascading Foreign Key constrain.
  • Membuat table sebagai heap dan membuat tabel sebagai clustered index. Serta menenetukan design sebuah tabel dan menyarankan struktur yang lebih baik.
  • Membaca dan menafsirkan rincian elemen umum dari Execution Plan
  • Mendesign non-clusterede index.
  • Design and implement views.
  • Design dan implementasi store procedure.
  • Bekerja dengan type table, nilai parameter table dan menggunakan perintah merge untuk menyimpan dan membuat store prodedure yang digunakan untuk mengupdate data warehouse.
  • Mendesign dan megimplementasikan function, baik scalar maupun table-valued. Serta mendeskripsikan kapan keduanya bisa meningkatkan isu performance.
  • Melakukan investigasi dasar ketika terjadi situasi deadlock dan mempelajari bagaimana transaction isolation levels berpengaruh terhadap application concurrency(mengakses satuhal secara bersamaan).
  • Menggunakan code T-SQL error handling dan structured exception handling.
  • Design dan implementasi DML Triggers.
  • Menyimpan XML data dan Schema ke salam SQL Server.
  • Mempelajari kelayakan penggunaan integrasi SQL CLR dan mengimplementasikanya kedalam .NET yang ada didalam SQL server.
  • Melakukan basic Query dalam xml data di sql server.
  • Bekerja menggunakan typedata GEOGRAPHY dan GEOMETRY.
  • Mengimplementasikan dan melakukan query terhadap sebuah Full-text index.

 

 

Garis Besar Pelatihan

 

Module 1: Introduction to Database Development

modul ini mengenalkan pengembangan dabase dan beberapa kegiatan yang biasanya dilakukan oleh seorang databse developer.

Modul 2 : Design Dan Implementasi Tabel

Modul ini menjelaskan tentang cara memb membuat, mendesign dan mengubah tabel. Dalam bab ini lebih berfokus terhadap bagaimana kita menggunakan schema.

Modul 3: Memastikan Integritas Data menggunakan constraints.

Modul ini menjelaskan bagaimana memaksakan integritas data dan mengimplemetasikan integritas domain untuk mempertahankan high quality data. Bab ini berfokus kepada implementasi entitas dan referensial integrity.

MODUL 4 : Pengenalan Indexing

Modul ini mendeskripsikan konsep index dan membahas tentang pemilihan, density dan statistic. Bab ini meliputi pembahasan pemilihan type data yang sesuai.

Modul 5 : Indexing Tingkat lanjut

Modul ini meliputi indexes dan clausa INCLUDE untuk membuat padding, hints, dan statistic. Modul ini juga mempelajari tentang database Enggine Tuning Advisor dan Index-related dynamic management views untuk mengakses indexing.

Modul 6 : Columnstore indexing

Modul ini menjelaskan Columnstrore index, mendeskripsikan clustered dan non clustered columnstore indexes, mendidiskusikan  pertimabangan pertimbangan untuk  menggunakan columnstore index.

Bab 7 : Mendesign Dan mengimplementasikan view

Modul ini mengenalkan Views, dan menjelaskan bagaimana tatacara pembuatan dan pengelolaan views. Modul ini juga berfokus pada pertimbangan performance untuk menggunakan view.

Modul 8 : Mendesign Dan Mengimplementasikan Store Procedure

Modul ini mendeskripsikan pentingnya dan keunggulan penggunaan strore procedure sesuai dengan panduan untuk membuatnya

Modul 9 : Mendesign dan Mengimplementasikan  User-Definded Function

Modul ini menjelaskan  bagaimana cara mendesign dan mengimplementasikan User-defined function untuk memaksakan peraturan perusahaan atau data consistensi, dan mengubah atau memantain existing function yang ditulis oleh developer lain.

Modul 10 : Merespon manipulasi data via Triggers

Modul ini menjelaskan apa itu DML triggers dan bagaimana triggers bisa memaksa data integrity. Modul ini juga berfokus kepada berbgaimacam type triger yang tersedia, dan bagaimana untuk membuat dalam database.

Modul 11 : Menggunakan In-Memory Tables

Modul ini meliputi tatacara pembuatan in-memory tables dan native stored procedures, serta menddiscusses keunggulan dan kelemahan menggunakan in-memory tables.

Modul 12 ; Implementasi dan mengelola code di SQL Server

Modul ini menjelaskan bagaiman cara menggunakan CLR Integrated Code untuk membuat user-devined objects yang di manageoleh .net Framework.

Module 13 : Menyimpan dan Querying XML data di SQL Server

Modul ini mengenalkan XML dan menunjukkan bagaimana CML data dapat di simpan kedalam SQL Server dan kemudian di Queried, meliputiQueries yang di tulis in dalam bahasa yang di sebut Xquery.

Modul 14 : Bekerja dengan SQL Server Data Spatial

Modul ini  mengenalkan Spatial data , dan menjelaskan bagaimana cara bekerja dengan Type data Spasial di SQL Server


Chat via Whatsapp