Management IT Help Desk

Request Penawaran

Durasi Pelatihan : 3 Hari

Deskripsi Pelatihan

Pelatihan ini bertujuan memberikan pemahaman tentang struktur organisasi TI, ruang lingkup pekerjaan dan tanggung jawab help desk. Pembahasan dimulai dari posisi help desk di struktur organisasi TI, ruang lingkup pekerjaan help desk, dan tanggung jawab help desk. Pembahasan materi juga mencakup teknik komunikasi yang baik dengan pengguna karena para staf help desk langsung berhubungan dengan pengguna. Terakhir, materi akan diisi dengan pembuatan SOP (Standard Operating Procedure) dan dokumen kerja yang lain untuk kegiatan pelayanan Help Desk bagi para pengguna.

Tujuan Pelatihan

Dalam pelatihan ini, peserta akan mempelajari:

  • Ruang lingkup dan tanggung jawab dari help desk.
  • Cara memberikan layanan kepada pengguna dengan baik.
  • Cara berkomunikasi dengan baik kepada pengguna.
  • Cara membuat SOP dan dokumen kerja.
  • Cara membuat database permasalahan dan solusinya (troubleshooting) sebagai acuan dalam menyelesaikan setiap permasalahan.
  • Cara menggunakan aplikasi help desk untuk mencatat permasalahan dari pengguna

 

Target Peserta Pelatihan

  • Manajer dan Staf TI
  • Supervisor TI
  • Staf Help Desk dan Pendukung Teknis TI

 

Prasyarat Peserta Pelatihan

Peserta sudah mengetahui dasar penggunaan komputer.

 

Output Pelatihan

Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta akan mampu:

  • Memberikan pemahaman tentang ruang lingkup dan tanggung jawab dari help desk.
  • Memberikan layanan kepada pengguna dengan baik.
  • Berkomunikasi dengan baik kepada pengguna.
  • Membuat SOP dan dokumen kerja.
  • Membuat database permasalahan dan solusinya (troubleshooting) sebagai acuan dalam menyelesaikan setiap permasalahan.
  • Menggunakan aplikasi help desk untuk mencatat permasalahan dari pengguna.

 

Garis Besar Pelatihan

1. Manajemen Help Desk

  • Pencatatan
  • Analisis Kasus
  • Evaluasi
  • Penanganan

2. Organisasi Help Desk

  • Struktur Organisasi
  • Standard Operating Procedure (SOP)
  • Peran dan Tanggung Jawab
  • Distribusi Wewenang

3. Dokumentasi Help Desk

  • Manajemen Insiden
  • Manajemen Masalah
  • Urgensi, Dampak, dan Prioritas
  • Kategori dan Klasifikasi Masalah
  • Software Help Desk

4. Customer Service Skill

  • Keterampilan Komunikasi
  • Keterampilan Mendengar Secara Aktif dan Efektif
  • Keterampilan Berbicara Secara Efektif