Microsoft Office Bundling

Durasi : 5 Hari

 

Deskripsi Pelatihan

Pelatihan ini memberikan pemahaman kepada peserta mengenai penggunaan tiga software utama Microsoft office untuk kebutuhan operasional perkantoran yang mencakup:

  • Microsoft Word Level 1
  • Microsoft Word Level 2
  • Microsoft Excel Level 1
  • Microsoft Excel Level 2
  • Microsoft Powerpoint Level 1

 

Tujuan Pelatihan

Microsoft Word Level 1

  • Melakukan Cut, Copy, Paste
  • Melakukan Format Page dan edit text
  • Melakukan Set tab
  • Membuat tabel
  • Melakukan Set margin dan page breaks
  • Membuat headers dan footers
  • Melakukan spelling dan grammar
  • Memasukan graphics dan clip art
  • Melakukan Save dan print dokumen
  • Menggunakan teknologi Autocorrect

Microsoft Word Level 2

  • Membuat dan memodifikasi tabel sesuai kebutuhan dan tampilan data
  • Menggunakan mail merge untuk keutuhan surat menyurat, amplop serta email
  • Menggunakan Styles untuk format yang konsisten
  • Membuat dan template untuk kebutuhan edit dan format yang terstandar

Microsoft Excel Level 1

  • Mengetahui cara memuali Bekerja dengan Excel
  • Melakukan Kalkulasi menggunakan excel 2013.
  • Mengubah worksheet.
  • Memformat worksheet.
  • Mecetak kontent workbook.
  • Mengelola workbooks dalam jumlah besar.
  • Mengcustomisasi environment

MMicrosoft Excel Level 2

  • Membuat advanced
  • Menganalisa data dengan logic dan lookup functions.
  • Mengorganisasi worksheet data dengan menggunakan table.
  • Memvisualisasikan data dengan menggunakan Grafik.
  • Menganalisa data degan menggunakan PivotTables, slicers, dan
  • Menambahkan Gambar atau objects.
  • Meningkatkan Kinerja workbooks.

Microsoft PowerPoint Level 1

  • Mengidentifikasi feature basic PowerPoint 2013.
  • Membangun Presentasi menggunakan PowerPoint.
  • Melakukan advanced text editing.
  • Menambahkan elemen gambar ke dalam presentasi.
  • Memodifikasi objects dalam presentasi.
  • Menambahkan Table kedalam presentasi.
  • Menambahkan Grafik Ke Presentasi.
  • Mempersiapkan untuk menyampaikan presentasi

 

Target Pelatihan

Kursus ini dirancang untuk peserta yang ingin memperoleh pemahaman dasar dari Microsoft Office Excel, Word serta PowerPoint 2013 yang diperlukan untuk operasional kantor.

Prasyarat Peserta Pelatihan

Untuk memastikan lancarnya kegiatan training peserta diharapkan telah menguasai atau terbiasa bekerja menggunakan komputer dengan operating system Windows 7, 8 atau Windows 10, dapat membuka dan menutup aplikasi, bernavigasi dengan struktur file, dan memanage file di Explorer. Untuk mendapatkan pengetahuan minimum peserta dapat mengambil training di bawah ini:

  • Using Microsoft® Windows® 8/10
  • Microsoft® Windows® 8 Transition from Windows 7
  • An Introduction to PCs Course

 

Output Pelatihan

Dapat menggunakan Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft Powerpoint sesuai dengan kebutuhan operasional kantor.

Garis Besar Pelatihan

Microsoft Word Level 1

1. Memulai Microsoft Word 2013

  • Memahami Microsoft Word
  • Memulai Microsoft Word
  • Membuat dan Menyimpan Document
  • Mengedit Dokumen

2. Menggunakan Microsoft Word 2010

  • Mengedit Dokumen
  • Mencetak dan melihat dokumen

3. Mengatur Text

  • Aligning Text
  • Moving, Copying dan Replacing Text

4. Memodifikasi dan Merubah tampilan Text

  • Memformat Text
  • Special Purpose Text
  • Quick Styles dan Quick Style Sets

5. Memodiikasi dan merubah tampilan paragraf

  • Menggunakan Tabs
  • Merubah Tab Settings
  • Merubah Indents
  • Bullets dan Numbers
  • Merubah paragraf dan spasi

6. Merubah Page Layout

  • Merubah Margins
  • Menggunakan Page Breaks
  • Menggunakan Headers dan Footers

7. Menggunakan Writing Tools

  • Checking Spelling dalam dokumen
  • Menggunakan AutoCorrect dan AutoText
  • Menggunakan Template Dokumen

Microsoft Word Level 2

1. Membuat dan mengatur tabel

  • Membuat Tabel
  • Memodifikasi dan Memformat Tabel

2. Menggunakan Mail Merge

  • Mail Merge
  • Form Letters
  • Data Sources
  • Envelopes
  • Mailing Labels

3. Mengatur Styles

  • Overview Styles
  • Menggunakan Styles
  • Memodifikasi Styles
  • Membuat Styles
  • Mensalin Styles

4. Menggunakan Data dan Content

  • Overview Quick Parts
  • Bekerja dengan Document Properties
  • Bekerja dengan Building Blocks

5. Berkerja dengan Templates dan Forms

  • Menggunakan Templates
  • Membuat Templates
  • Bekerja dengan Forms

Microsoft Excel Level 1

Lesson 1: Cara Memulai Bekerja Menggunakan Microsoft Excel 2013

  • Mengidentifiaksi Element interface Excel
  • Membuat Basic Worksheet
  • Memanfaatkan Help System

Lesson 2: Melakukan Kalkulasi

  • Membuat sebuah Formula di Worksheet
  • Formula di Worksheet
  • Memakai Ulang sebuah Formula

Lesson 3: Mengubah Worksheet

  • Memanipulasi Data
  • Tambah, Ubah, dan Hapus Cells, Columns, dan Baris.
  • Mencari Record dan Mereplace Record
  • Spell Check di sebuah Worksheet

Lesson 4: Memformat Worksheet

  • Mengubah Fonts
  • Menambah Borders dan warna ke Cells
  • Menerapkan Number Formats
  • Merapikan Cell Contents
  • Menerapkan Cell Styles

Lesson 5: Mencetak Contents Workbook

  • Menentukan halaman Layout untuk sebuah Workbook
  • Memperbaiki Page Layout dan Menerapkan Print Options

Lesson 6: Mengelola Workbooks dalam jumlah Besar

  • Memformat Worksheet Tabs
  • Mengelola Worksheets
  • Mengelola Tampilan Worksheets dan Workbooks

Lesson 7: Mengcustomisasi Excel Environment

  • Mengcustomisasi General and Language Options
  • Customize Formula Options
  • Mengcustomisasi Format Penyimpanan
  • Mengcustomisasi Ribbon dan Quick Access Toolbar
  • Mengaktifkan Add-Ins
  • Mengelola Trust Center Options

Microsoft Excel Part 2

Lesson 1: Membuat Advanced Formulas

Dalam modul ini peserta akan dikenalkan tetang cara menggunakan Anvanced Formula. Yaitu penggunaan Formual yang lebih dalam seperti mengelola sebuah string. Mengambil karakter tertentu dalam sebuah kata dan lain sebagainya.

Lesson 2: Menganalisa Data dengan Logic dan Lookup Functions

Dalam modul ini peserta akan diajarkan cara menggunakan Logic Function seperti IF, lookup function seperti Vlookup, Hlookup,Lookup, match dan lain sebagainya.

Lesson 3: Mengelola Worksheet Data dengan Tables

Modul ini akan menjelaskan kepada peserta tentang penggunaan table didalam worksheet. Pengolahan data dengan menggunakan table dan tatacara pembuatan table didalam worksheet.

Lesson 4: Memvisualisasikan Data dengan Grafik

Modul ini mengajarkan kepada peserta cara membuat sebuah grafik, mengubah grafik, membuat trend line dan pengetahuan lebih lanjut tentang pengelolaan grafik.

Lesson 5: Menganalisa Data dengan PivotTables, Slicers, and PivotCharts

Modul ini mengajarkan kepada peserta cara membuat pivot table, filter data dengan menggunakan Slicer, dan menganalisa data dengan menggunakan PivotChart.

Lesson 6: Menambahkan Gambar

Modul ini mengajarkan kepada peserta tentang tatacara menambahkan gambar ke dalam worksheet, memodifikasi graphic object, Layering, Grouping Object, dan tatacara penggunaan smartArt.

Lesson 7: Memperkaya Workbooks

Modul ini mengajarkan kepada peserta tentang tatacara memperkaya worksheet dengan berbagai macam vitur semisal dengan menggunakan tema, menggunakan atau membuat template, dan memproteksi files.

Microsoft PowerPoint Part 1

Lesson 1: Getting Started with PowerPoint®

Modul ini membahas tentang pengenalan navigasi dan environment PowerPoint, cara membuat dan menyimpan file powerpoint, dan cara menggunkan vitur help.

Lesson 2: Developing a PowerPoint® Presentation

Modul ini membahas tentang tatacara memilih jenis presentasi, melihat dan mengubah tampilan presentasi, mengedit text, dan tatacara membuat sebuah presentasi.

Lesson 3: Performing Advanced Text Editing

Modul ini membahas tentang tatacara memformat Characters, Memformat paragraphs, dan memformat text box.

Lesson 4: Adding Graphical Elements to Your Presentation

Modul ini membahas tentang tatacara menambahkan image kedalam presentasi, dan tatacara menambahkan object kedalam presentasi.

Lesson 5: Modifying Objects in Your Presentation

Modul ini membahas tentang tatacara mengedit sebuah object, memformat object dan tatacara mengelompokkan object sehingga object mudah untuk di kelola, dan bagaimana cara Menganimasikan Object.

Lesson 6: Adding Tables to Your Presentation

Dalam modul ini peserta akan belajar tatacara membuat table, memformat table, dan menambahkan table dari aplikasi microsoft office yang lain semisal word, excell atau yang lainya.

Lesson 7: Adding Charts to Your Presentation

Dalam modul ini peserta akan belajar tatacara membuat Grafik, memformat Grafik, dan tatacara menambahkan Grafik dari micros Microsoft Excel.

Lesson 8: Preparing to Deliver Your Presentation

Dalam modul ini peserta akan belajar tatacara mereview presentasi yang telah dibuat. Bagai mana cara mengimplementasikan effek transisi yang membuat presentasi tidak terlihat monoton. Tatacara mencetak slide presentasi, dan tatacara menyampaikan presentasi yang telah di buat.

Chat via Whatsapp