Manajer Pengelolaan IT

Request Penawaran

Durasi Pelatihan : 2 Hari + 1 Hari Ujian

Pelatihan dan ujian sertifikasi ini memberikan kepada para peserta berupa pengetahuan dan kemampuan yang dibutuhkan sehingga kompeten dalam melaksanakan tugas sebagai seorang Manajer/Pengelola yang secara lebih khusus terkait Pengelolaan Layanan IT di dalam organisasinya. Pelatihan ini ditujukan untuk seseorang yang diberikan tugas dan kewenangan dalam mengidentifikasi, merencanakan, menyediakan, mengelola, dan memberikan resolusi terhadap banyaknya Layanan IT yang diberikan kepada users di dalam Organisasinya. Setelah mengikuti pelatihan serta lulus dalam ujian sertifikasi ini, maka peserta akan mendapatkan pengakuan sebagai seorang Manajer Pengelolaan Layanan IT yang berkompeten dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Manfaat Pelatihan

Setelah mengikuti pelatihan ini, para peserta akan memiliki kompetensi dalam Skema IT Management sebagai berikut :

  • TIK.SM02.011.01 Menetapkan resolusi dan masalah terhadap seluruh aktivitas dan siklus hidup TI
  • TIK.SM02.012.01 Mengelola insiden yang terjadi
  • TIK.SM02.013.01 Mengelola konfigurasi sistem
  • TIK.SM02.014.01 Mengelola perubahan yang terjadi
  • TIK.SM03.001.01 Menentukan arsitektur perangkat keras
  • TIK.SM03.003.01 Menyediakan tim operasional pendukung sistem
  • TIK.SM03.004.01 Menetapkan standar otorisasi akses di dalam organisasi
  • TIK.SM03.005.01 Menetapkan manajemen eskalasi terhadap
    permasalahan

 

Outline Pelatihan

  1. Penetapan resolusi dan masalah terhadap seluruh aktifitas dan siklus hidup (lifecycle) Layanan IT
    • Pengidentifikasian masalah dan pencegahannya
    • Pendokumentasian masalah dan penetapan SOP penanganan masalah
    • Penetapan resolusi masalah dan pencegahannya
  2. Pengelolaan insiden
    • Merespon insiden
    • Menganalisa dan menyiapkan resolusi terhadap insiden
    • Pembuatan konsep, kebijakan, standar dan prosedur pengelolaan insiden
  3. Pengelolaan konfigurasi sistem
    • Identifikasi konfigurasi
    • Pencegahan konfigurasi yang tidak sesuai prosedur
    • Penggunaan tools untuk standar prosedur perubahan
    • Pembuatan konsep, kebijakan, standar dan prosedur pengelolaan konfigurasi
  4. Pengelolaan perubahan yang terjadi
    • Standar penetapan perubahan
    • Pendokumentasian perubahan
    • Evaluasi perubahan dan dampaknya
    • Pembuatan konsep, kebijakan, standar dan prosedur perubahan
  5. Penentuan arsitektur perangkat keras
    • Pemilihan perangkat keras
    • Analisa kebutuhan operasional
    • Perawatan dan laporan performa
  6. Penyediaan tim operasional pendukung sistem
    • Koordinasi tim operasional
    • Evaluasi kinerja tim
  7. Penetapan standar otorisasi akses di dalam organisasi
    • Pembuatan kebijakan, standar dan prosedur pemberian hak akses
    • Menjalankan layanan pemberian hak akses
    • Pembuatan daftar hak akses berdasarkan profil pengguna
  8. Penetapan manajemen eskalasi
    • Pendokumentasian insiden dan klasifikasinya
    • Pemberian tindakan terhadap insiden
    • Penentuan personil berdasarkan level dan klasifikasinya
  9. Ujian Sertifikasi