Pengembangan Peta Proses Bisnis

Request Penawaran

Durasi Pelatihan : 3 Hari

Peta Proses Bisnis adalah diagram yang menggambarkan hubungan kerja yang efektif dan efisien antar unit organisasi untuk menghasilkan kinerja sesuai dengan tujuan pendirian organisasi agar menghasilkan keluaran yang bernilai tambah bagi pemangku kepentingan. Hal ini merupakan amanat yang tertera dalam Perpres 95 tahun 2018 tentang SPBE, proses bisnis adalah langkah awal terhadap pengembangan SPBE. Panduan pengembangan Peta Proses Bisnis adalah berdasarkan pada Permenpan RB No. 19 Tahun 2018 Tentang Penyusunan Peta Proses Bisnis Instansi Pemerintah.

Peserta Pelatihan

  • Kepala OPD
  • Biro/Bagian Organisasi dan Tata Laksana

Manfaat Pelatihan

  • Memahami konsep pengelolaan proses bisnis /Business Process Management
  • Memahami prinsip peta proses bisnis
  • Mengetahui 5 tahap penyusunan peta proses bisnis
  • Memahami penggunaan notasi dan tools dalam permodelan proses bisnis
  • Menyusun Peta Proses Bisnis Pemerintah Daerah ( Level 0, 1,2,3 dan 4 )

Outline Pelatihan

  • Konsep Dasar Business Process Management
  • Prinsip Peta Proses Bisnis
  • 5 Tahap Penyusunan Peta Proses Bisnis
    • Tahap Persiapan dan Perencanaan ( RPJMD, Visi Misi, Cascading , Sasaran Strategis, Unit Kerja dan Fungsi)
    • Tahap Pengumpulan Informasi ( Primer dan Sekunder)
    • Tahap Pengembangan ( Level 0,1,2,3,4)
    • Tahap Penerapan ( Pendistribusian, pemanfaatan, perubahan)
    • Tahap Pemantauan dan Evaluasi
  • Penggunaan Notasi dan Tools Peta Proses Bisnis
  • Workshop Penyusunan Prototype Peta Proses Bisnis Pemerintah Daerah