#ComDay – Pengenalan Wajah dengan TensorFlow untuk Presensi Online

#ComDay - Pengenalan Wajah dengan TensorFlow untuk Presensi Online 1

Perkembangan teknologi dalam mengidentifikasi ID seseorang terus berkembang dari waktu ke waktu mulai dari penggunaan kartu, sidik jari, retina scan, hingga yang populer beberapa tahun belakangan ini yaitu pengenalan wajah. Teknologi ini sempat ramai dibicarakan saat Apple mengganti teknologi pengenalan sidik jari dengan Face ID yang menggunakan pengenalan wajah untuk membuka kunci layar pada iPhone X.

Sebenarnya teknologi pengenalan wajah tidak hanya dapat digunakan sebagai pembuka kunci smartphone saja tapi juga bisa digunakan untuk keperluan lain karena pengenalan wajah hanya membutuhkan kamera yang sekarang sudah menjadi komponen wajib di smartphone atau laptop. Salah satu penggunaan pengenalan wajah ini adalah untuk keperluan presensi dan telah dipakai oleh Baidu yang menggantikan kartu ID dengan pengenalan wajah untuk memberikan karyawan mereka akses masuk ke kantor. Apalagi dengan menjamurnya remote working, teknologi pengenalan wajah tentunya akan memberikan solusi terhadap permasalahan presensi karena dapat dilakukan secara online.

Jika Anda berpikir teknologi pengenalan wajah ini terlalu rumit untuk diaplikasikan karena menggunakan metode deep learning yang dari namanya sudah terdengar rumit, Anda dapat menggunakan TensorFlow. TensorFlow merupakan library perangkat lunak open source dan gratis yang dapat digunakan untuk mengembangkan pengenalan wajah. TensorFlow menyediakan beberapa model dan dataset deep learning yang dapat Anda gunakan dalam mengembangkan presensi online dengan pengenalan wajah.

Jika ingin mengenal TensorFlow lebih dalam lagi Anda dapat mengikuti Comday dengan tema “Pengenalan Wajah dengan TensorFlow untuk Presensi Online” yang akan diadakan Inixindo Jogja tanggal 20 Juni 2019. Comday ini akan mengulas tentang cara mengembangkan deep learning network untuk jaringan pengenalan wajah menggunakan TensorFlow

***

Baca juga tutorial TensorFlow bagian pertama dan bagian kedua

 

Biaya

Free (tempat terbatas)

DATE AND TIME

Kamis, 20 Juni 2019
14.00 WIB – Selesai

LOCATION

Eduparx – Inixindo Jogja
Jalan Kenari No 69 Yogyakarta
View Maps

Pendaftaran ditutup karena kapasitas telah terpenuhi

WhatsApp Chat via Whatsapp