Ayo, Membangun Sinergi antar OPD untuk Mewujudkan Smart City

Ayo, Membangun Sinergi antar OPD untuk Mewujudkan Smart City

Seminar dan talk show bertajuk Membangun Sinergi antar OPD dalam Mewujudkan Smart City digagas oleh Inixindo Jogja dan dilaksanakan pada hari Kami, 4 Mei 2017 di Crystal Lotus Hotel Yogyakarta. Acara ini menjadi wadah untuk menyatukan persepsi dari setiap OPD tentang konsep smart city dan dihadiri oleh pegawai di lingkungan Dinas Kominfo, Bappeda, dan BKD se-Jawa Tengah dan DIY.

Dalam pemaparannya , Bapak Bambang Dwi Anggono selaku Kasubdit Teknologi dan Infrastruktur e-Government atau yang lebih dikenal dengan Pak Ibenk mencoba meluruskan konsep smart city yang lebih terukur. Tujuan dan konsep smart city adalah mewujudkan masyatakat yang sejahtera. Pemerintah daerah harus menemukan cara yang cerdas untuk mengatasi persoalan yang terjadi di daerah dan masyarakat masing-masing. Membangun kepedulian sosial yang cerdas menjadi bagian strategi membangun smart city.

Dalam mewujudkan smart city tidak hanya mengenai penggunaan teknologi terkini dan paling canggih. Sementara ini banyak daerah yang berlomba-lomba menggunakan teknologi canggih dan mengklaim bahwa daerah mereka sudah memiliki predikat smart city. Teknologi dalam hal smart city adalah sebagai enabler. Teknologi dijadikan sebagai alat bantu untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera dan bahagia.

Kemeterian Kominfo , menurut Pak Ibenk berencana membuat standar untuk dapat menjadi tolok ukur smart city yang tepat untuk diterapkan di daerah. Ukuran tersebut dapat menjadi panduan bagi Pemerintah Daerah dalam mewujudkan smart city. Standar ini memperhatikan kekhasan Indonesia, bahkan kekhasan sebuah daerah. Daerah di Indonesia memiliki keragaman yang sangat berbeda satu sama lain, sehingga tidak bisa dipukul rata secara nasional.

Pemaparan dilanjutkan oleh Bapak Andi Yuniantoro selaku direktur Inixindo Jogja. Menyapaikan bahwa fokus seminar dan talk show ini adalah :

  • Teknologi, yakni penyelenggaraan bidang TIK di pemerintahan yang direpresentasikan dengan e-Government di bawah tanggung jawab Dinas Kominfo
  • Sumber Daya Manusia, yakni penyediaan SDM TIK yang mumpuni dan berkompeten menjadi tugas pokok BKD
  • Perencanaan, dalam menuju konsep smart city melalui pembuatan kebijakan dan strategi e-Government yang dituangkan dalam master plan di bwah insiatif Bappeda

Bapak Andi Yuniantoro menegaskan bahwa dalam mewujudkan smart city bukan hanya tanggung jawab dan tugas Dinas Kominfo. Melalui acara seminar dan talk show ini menyinergikan OPD penggerak utama smart city dengan memberikan pemahanan tentang tanggung jawab masing-masing, serta memberi detil juknis dan juklaknya.

Inixindo Jogja memberika apresiasi yang sebesar-besarnya pada seluruh peserta yang hadir dalam acara ini. Sebagai partner pengembangan SDM IT, Inixindo Jogja yang mengusung one stop IT lifecycle solution akan terus mengembangkan kerja sama dengan Pemerintah Daerah dan menjadi partner untuk mewujudkan smart city. Untuk mendownload materi seminar dan talk show silakan klik link download di bawah ini.

Download Materi Ayo Bangun Sinergi Antara OPD dalam Mewujudkan Smart City oleh Andi Yuniantoro
Download Materi Pengembangan Smart City Indonesia – Arah Standarisasi, oleh Pak Ibenk
Community Day Digital Mastery, Membuka Wawasan Tentang Transformasi Digital

Community Day Digital Mastery, Membuka Wawasan Tentang Transformasi Digital

Membuka tahun 2017, Inixindo Jogja kembali mengadakan community day mengenai Digital Mastery pada 23 Februari 2017. Acara yang rutin diselenggarakan setiap minggu ke 4 ini dihadiri oleh staff IT beberapa instansi seperti bank daerah, BPR, rumah sakit, PDAM, dan hotel. Mengambil tema Digital Mastery, Bapak Andi Yuniantoro, Direktur Inixindo Jogja, sebagai narasumber membagi pengetahuan dan membuka wawasan peserta mengenai urgensi untuk melakukan transformasi digital bagi seluruh sektor bisnis maupun instansi.

Hadirnya smartphone menjadi katalis bagi inovasi-inovasi digital. Saat ini permintaan konsumen terhadap layanan yang mudah dan cepat diakses kapan pun di mana pun serta murah terus meningkat seiring penggunaan smartphone yang semakin merata di seluruh kalangan masyarakat.

Layanan perbankan misalnya, pilihan untuk membuat layanan digital melalui aplikasi smartphone banyak digunakan untuk memudahkan transaksi dan meningkatkan kepuasan konsumen. Contoh lain adalah hotel, yang saat ini banyak bekerja sama dengan portal-portal pencarian kamar hotel berbasis web maupun aplikasi smartphone untuk memudahkan konsumen melakukan pemesanan kamar dengan harga yang biasanya lebih murah. Inovasi dan transformasi digital ini berpusat pada memberikan layanan pada konsumen. Hal yang perlu diperhatikan adalah bagaimana inovasi dan transformasi digital yang dilakukan berbanding lurus dengan keuntungan yang harus diperoleh atas investasi digital tersebut.

Antusiasme para peserta terus meningkat hingga akhir acara. Beberapa dari peserta mengajukan pertanyaan untuk memperdalam pengetahuan mereka mengenai Digital Mastery dan apa yang harus dilakukan. Inixindo Jogja memberikan apresiasi berupa merchandise  menarik bagi para peserta yang telah berpartisipasi dalam community day Februari 2017 ini.

 

 

Chat via Whatsapp