Semenjak pertama ditemukan, firewall komputer dan jaringan terbukti mampu meningkatkan keamanan internet individu dan organisasi secara keseluruhan.

Dan seiring dengan perkembangan teknologi, firewall juga sudah beradaptasi dengan teknologi baru dan juga mampu beradaptasi dengan kehadiran ancaman-ancaman baru.

Web Application Firewall atau yang umum disingkat WAF, merupakan salah satu jenis firewall baru yang dibuat untuk merespons ancaman luar, di mana jenis firewall tradisional tidak bisa menangani.

Biasanya ancaman tersebut menggunakan protokol terotorisasi seperti HTTP, dan menyerang aplikasi serta sistem lewat protokol tersebut.

Maka dari itu, penting bagi Anda menerapkan WAF agar data-data penting tidak menjadi sasaran empuk para peretas.

Apa Saja Manfaat Web Application Firewall?

Terdapat manfaat Web Application Firewall yang perlu Anda ketahui. Sehingga bisa membantu dalam menjaga keamanan data penting yang Anda miliki.

1. Meningkatkan Proteksi

Web Application Firewall punya tugas untuk melindungi adanya paparan data yang tidak memiliki otoritas di situs web atau aplikasi.

Sehingga penggunaan Web Application Firewall akan sangat bermanfaat bagi bisnis online dalam bentuk apa pun, khususnya e-commerce yang notabene membutuhkan keamanan sempurna agar data pribadi penggunanya bisa terlindungi dengan aman.

Sebab informasi pelanggan sangat rentan terhadap serangan para peretas. Apabila sebuah perusahaan mengalami serangan siber berskala besar, ini bisa merugikan perusahaan tidak hanya pada sisi bisnis, tapi juga kepercayaan pelanggan yang akan menjadi taruhannya.

Web Application Firewall akan membantu perusahaan Anda terhindar dari kerugian besar-besaran. Web Application Firewall akan melindungi semua traffic yang masuk dan keluar dari website perusahaan Anda.

Penggunaan Web Application Firewall bisa menyaring traffic web yang berbahaya, dan ini jelas memungkinkan Anda secara manual bisa memilih siapa yang harus diblokir atau tidak.

2. Patch Otomatis

Memindai ada atau tidaknya celah dalam hal keamanan secara teratur merupakan hal yang bagus. Jika perusahaan Anda bergerak dalam bidang e-commerce, ada baiknya harus menjalankan pemindaian terhadap kerentanan beberapa kali dalam sebulan.

Dan kalau pun Anda menemukan celah kemanan di website atau aplikasi Anda, diperlukan langkah penanggulangan dengan cepat. Tapi sayangnya, sangat jarang perusahaan dengan sumber daya yang selalu tersedia 24 jam dalam seminggu untuk mengatasi kerentanan pada keamanan tersebut.

Web Application Firewall punya kemampuan untuk menambal aplikasi sementara dari kerentanan tersebut. Memang, ini bukan solusi terbaik, tapi sangat cukup mengurangi risiko hingga Anda melakukan perbaikan secara keseluruhan.

3. Mencegah Data Bocor

Peretas bisa memburu data dengan beragam cara. Salah satu sebabnya bisa karena sebuah hal sepele, seperti pesan yang diberikan kepada pengguna.

Belum lagi jika aplikasi Anda menyimpan data penting seperti nomor kartu kredit, tentu sangat mudah untuk mengalami kebocoran data-data tersebut.

Padahal, kebocoran dalam bentuk apa pun merupakan sebuah bencana. Web Application Firewall bertugas untuk memindai setiap permintaan dari pengguna aplikasi atau website Anda, dan apabila ada sesuatu yang tampak tidak biasa, Web Application Firewall akan menyetopnya.

4. Memperkuat Keamanan dan Cara Deteksi

Web Application Firewall menggunakan kombinasi teknik yang bisa memastikan cakupan deteksi akurat, sehingga tidak memblokir traffic yang perlu otoritas.

Konfigurasi Web Application Firewall yang cukup banyak digunakan yaitu model keamanan negatif. Konfigurasi ini bisa memungkinkan seluruh transaksi diperbolehkan kecuali traffic yang mengandung ancaman atau serangan.

Jenis ini merupakan model yang bagus untuk proteksi out-of-the-box, memblokir ancaman umum, seperti injeksi Web, OWASP top 10, XSS, dan lainnya.

Mau Belajar Lebih Lanjut?

Jika Anda ingin belajar lebih lanjut mengenai topik di atas, ikuti training di Inixindo Jogja.

Dalam training tersebut, Anda bisa mendapat pendampingan instruktur sehingga proses pemahaman terhadap topik dapat lebih cepat.

Menariknya lagi, Anda juga bisa memiliki sertifikasi dari topik yang sudah diikuti. Sertifikasi tersebut menjadi bukti bahwa Anda sudah benar-benar paham dan ahli di bidang terkait.

Tak hanya itu saja, dengan memiliki sertifikasi juga menjadi modal besar untuk perkembangan karir Anda.

Tunggu apalagi? Langsung saja hubungi kami melalui kontak tertera di bawah ini.

Email:

marketing@inixindojogja.co.id

Telp / Whatsapp:

+62-274-515448

ajax-loader
× Butuh bantuan?