Visual Studio Code (VS Code) adalah sebuah teks editor multiplatform yang komplit dan handal buatan Microsoft. Selain tersedia untuk Windows, Visual Studio Code (VS Code)  juga tersedia untuk versi Linux dan Mac. Teks editor mendukung banyak bahasa pemrograman seperti  JavaScript, Typescript, dan Node.js, serta bahasa pemrograman lainnya dengan bantuan plugin yang dapat dipasang di Visual Studio Code seperti C++, C#, Python, Go, Java, dll.

Visual Studio Code (VS Code) bersifat open source. Hal ini juga yang membuat VS Code menjadi favorit para pengembang(developer) aplikasi, karena mereka dapat ikut serta  dalam proses pengembangan Visual Studio Code (VS Code).

Visual Studio Code (VS Code) menyediakan Intellisense, Git Integration, Debugging, dan fitur ekstensi. Fitur-fiturnya akan terus bertambah seiring dengan perkembangan versi Visual Studio Code. Perkembangan versi Visual Studio Code ini juga dilakukan berkala setiap bulan, dan inilah yang membuat VS Code unggul dibandingkan teks editor lainnya.

VS Code dapat digunakan langsung tanpa perlu ekstensi selama bahasa pemrogramannya sudah didukung langsung. Namun ada beberapa fitur yang perlu ditingkatkan sesuai dengan kebutuhan pengembang aplikasi. Disinilah kegunaan ekstensi untuk membuat Visual Code lebih powerfull dan menunjang produktifitas. Ekstensi VS Code banyak dibuat oleh pengembang pihak ketiga yang juga menjadi kontributor dari VS Code. Berikut ini adalah ekstensi VS Code rekomendasi kami:

5 Ekstensi Visual Studio Code yang Membuat Kamu Lebih Produktif 1

WakaTime

WakaTime, begitu namanya. Ekstensi ini melacak semua aktivitas koding kita, berapa waktu yang kita habiskan untuk koding dan bahasa apa yang sering kita pakai dan berapa banyak project yang telah kita selesaikan selama menggunakan Visual Studio Code.

5 Ekstensi Visual Studio Code yang Membuat Kamu Lebih Produktif 2

Visual Studio Intellicode

Ekstensi ini membantu kita dengan Artificial Intelligence-Assisted Intellisense yang bisa memberi saran kepada kita kode lanjutan dari kode yang sudah kita tuliskan.

5 Ekstensi Visual Studio Code yang Membuat Kamu Lebih Produktif 3

Live Server

Inilah ekstensi yang kita tungu-tunggu. Kita tidak perlu menekan tombol reload berkali-kali untuk setiap perubahan yang kita lakukan di project kita. Sangat membantu, bukan?

5 Ekstensi Visual Studio Code yang Membuat Kamu Lebih Produktif 4

Path Intellisense

Kita akan selalu membutuhkan ekstensi ini karena ekstensi ini sangat membantu dan berguna dalam hal import dependecies, memasukkan gambar ke dokumen, link file javascript atau css dan semua hal yang berkaitan dengan path file.

5 Ekstensi Visual Studio Code yang Membuat Kamu Lebih Produktif 5

Prettier

Masalah utama saat koding adalah indentasi yang meskipun secara teknis hanya berpengaruh apa python tetapi saat menulis kode dengan menggunakan indentasi yang benar maka hal itu akan sangat membantumu, lebih rapi dan tentu saja lebih cantik bukan?

Nah itu tadi beberapa ekstensi Visual Code yang sangat berguna bagi kita yang menggunakan Visual Code sebagai teks editor utama. Masih banyak ekstensi-ekstensi lain yang sangat menarik dibahas karena tiap hari terdapat ekstensi baru di direktori marketplace Visual Code.

WhatsApp Chat via Whatsapp