Tahukah Anda, bahwa investasi yang dilakukan perusahaan Anda bisa memberi keuntungan berkali-kali lipat. Bahkan, investasi tersebut yang bisa menekan pengeluaran perusahaan.

Salah satu jenis investasi yang sangat menguntungkan bagi perusahaan yaitu ISO 27001. Ya, dalam bentuk standarisasi.

ISO 27001 merupakan standar internasional yang diterbitkan oleh ISO. Isinya yaitu persyaratan untuk mengelola keamanan informasi di suatu perusahaan.

Dalam ISO 27001, perusahaan disyaratkan untuk membangun, menerapkan, memelihara serta terus meningkatkan sistem manajemen keamanan informasi dalam konteks organisasi.

Hal tersebut juga mencakup persyaratan untuk penilaian serta perawatan risiko keamanan informasi yang disesuaikan dengan kebutuhan organisasi.

Revisi terbaru dari ISO 27001 diterbitkan pada 2013, dengan judul lengkap saat ini yaitu ISO / IEC 27001: 2013.

Persyaratan yang diatur dalam ISO / IEC 27001: 2013 sifatnya generic, dengan maksud supaya bisa berlaku untuk semua organisasi, terlepas dari jenis, ukuran atau sifatnya.

Maka dari itu, ISO 27001 sangat bisa diterapkan pada semua jenis organisasi, laba atau nirlaba, swasta atau milik negara, kecil bahkan besar.

Lantas, adakah manfaat nyata dari penerapan ISO 20071 tersebut dalam konteks bisnis?

Di bawah ini kami telah merangkum lebih jauh mengenai apa manfaat ISO 27001 tersebut bagi bisnis yang sedang Anda jalankan.

Manfaat ISO 27001 untuk Bisnis Anda

Terdapat lima manfaat bisnis yang bisa dicapai perusahaan apabila menerapkan ISO 27001, antara lain:

1. Bukti Tata Kelola Perusahaan yang Baik

Jika perusahaan Anda punya sertifikasi ISO 27001, itu artinya sebuah perusahaan Anda telah menunjukkan tata kelola yang baik dalam penanganan informasi.

Selain itu, perusahaan Anda juga dianggap telah sesuai dengan peraturan hukum dan undang-undang yang berlaku dalam suatu negara.

Sebagai contoh pada UU ITE dan Permen Kominfo no 4 tahun 2016 tentang Sistem Manajemen Pengamanan Informasi.

 

2. Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan

Ketika perusahaan Anda punya sertifikasi ISO 27001, sedangkan pesaing tidak, maka hal ini bisa menjadi poin lebih.

Sebab, kepemilikan ISO 27001 ini bisa meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap perusahaan Anda, khususnya pelanggan yang sangat aware dengan keamanan informasi mereka.

 

3. Memberi Competitive Advantage

Dengan ISO 27001, akan memberi competitive advantage atau nilai tambah bagi perusahaan Anda. Hal tersebut akan memberi pengaruh positif pada citra perusahaan, nilai, serta memberi persepsi yang baik bagi perusahaan dari pihak lain.

 

4. Menekan Pengeluaran Perusahaan

Perlu Anda ketahui, bahwa filosofi utama dari ISO 27001 yaitu untuk mencegah insiden keamanan terjadi. Di mana setiap insiden baik besar atau kecil membutuhkan biaya.

Kepemilikan ISO 27001 menjadi bukti bahwa perusahaan Anda telah siap untuk mencegah adanya insiden keamanan yang bisa mengeluarkan biaya tersebut.

Dengan mencegahnya, perusahaan Anda akan menghemat banyak uang. Kemudian yang paling menarik dari semuanya adalah biaya investasi ISO 27001 jauh lebih kecil jika dibandingkan penghematan yang akan diraih perusahaan.

 

5. Organisasi yang Lebih Baik

Umumnya, jika perusahaan Anda tumbuh dengan cepat, maka tidak akan punya waktu untuk berhenti dan mendefinisikan proses serta prosedur yang berlaku.

Lantas apa konsekuensinya? Sangat sering karyawan menjadi tidak tahu apa yang harus mereka lakukan, kapan, dan oleh siapa.

Dengan diterapkannya ISO 27001 dalam perusahaan Anda, maka bisa membantu menyelesaikan situasi-situasi seperti itu.

Mau Belajar Lebih Lanjut?

Jika Anda ingin belajar lebih lanjut mengenai topik di atas, ikuti training di Inixindo Jogja.

Dalam training tersebut, Anda bisa mendapat pendampingan instruktur sehingga proses pemahaman terhadap topik dapat lebih cepat.

Menariknya lagi, Anda juga bisa memiliki sertifikasi dari topik yang sudah diikuti. Sertifikasi tersebut menjadi bukti bahwa Anda sudah benar-benar paham dan ahli di bidang terkait.

Tak hanya itu saja, dengan memiliki sertifikasi juga menjadi modal besar untuk perkembangan karir Anda.

Tunggu apalagi? Langsung saja hubungi kami melalui kontak tertera di bawah ini.

Email:

marketing@inixindojogja.co.id

Telp / Whatsapp:

+62-274-515448

ajax-loader
× Butuh bantuan?