Anda kesulitan memilih jenis software yang tepat digunakan untuk monitoring jaringan? Mungkin tidak ada salahnya Anda mencoba Zabbix.

Zabbix adalah salah satu software open source yang digunakan dalam monitoring jaringan, serta status dari berbagai network services, servers, atau network hardware lainnya.

Dengan Zabbix, Anda bisa lebih mudah mengetahui status server, kondisi jaringan, dan mendapatkan notifikasi jika terjadi gangguan. Zabbix juga sudah mendukung polling dan trapping.

Apa Saja Keunggulan Zabbix?

Zabbix adalah software yang mudah didapatkan dengan gratis. Zabbix juga sudah memiliki GUI yang akan memudahkan Anda dalam pengunaannya. Zabbix juga memiliki tampilan GUI berupa map dan grafik sehingga membantu pengaturan administrasi maupun sistemnya.

Setelah menampilkan map jaringan komputer yang dikelola admin beserta dengan statusnya. Maka admin bisa tahu kondisi jaringan jika terjadi masalah.

Kemudian, untuk tipe laporan, user bisa membuatnya sesuai waktu yang diinginkan. Bisa tiap minggu, bulan atau sesuai jangka waktu lainnya.

Apabila melihat Zabbix dari sisi keamanannya, software ini sudah memiliki sistem otentikasi dengan IP address dan memberikan informasi masalah dengan cepat, bisa melalui E-mail atau SMS.

Zabbix juga punya fitur unggulan yang bisa membantu System Administrator dalam mengelola beberapa server yang ada pada perusahaan.

Fitur Unggulan Zabbix

Ada beberapa fitur-fitur unggulan zabbix yang bisa digunakan, antara lain:

  1. User Friendly, di mana Zabbix sangat memudahkan user dalam mengontrol server dan network.
  2. Real Time Monitoring
  3. Kemudian software ini bisa memberi informasi masalah melalui E-mail dan SMS (Short Message Service). Admin juga bisa mengatur notifikasi apabila terjadi masalah dengan melalui E-mail dan SMS.
  4. Admin bisa membuat laporan dengan template yang berbeda-beda.
  5. Multi Operating System.
  6. Sisi Keamanan cukup baik karena dilengkapi otentikasi dengan IP address.

Tertarik Belajar System dan Network Lebih Lanjut?

Jika Anda tertarik belajar System dan Network lebih dalam lagi, Anda bisa mencoba untuk mengikuti workshop.

Dalam workshop tersebut, Anda akan didampingi instruktur yang bisa membantu pembelajaran dan penerapan topik tersebut. Caranya dengan klik tombol di bawah ini:

Kemudian, Anda juga bisa mengikuti webinar gratis untuk membantu pengembangan karir IT.

Dalam webinar tersebut, akan hadir narasumber-narasumber yang ahli di bidangnya, sehingga memudahkan Anda mendapat jawaban dari masalah yang sedang dihadapi.

Jadi, tunggu apalagi? Langsung saja klik tombol berikut ini:

 

Dan, supaya tidak kelewatan informasi mengenai artikel terbaru dari kami, Anda juga bisa berlangganan dengan mengisi data pada form berikut:

 

ajax-loader
× Butuh bantuan?