Saat ini digitalisasi telah merambah ke seluruh aspek kehidupan manusia. Tapi, sudahkah perusahaan Anda mengimplementasi transformasi digital agar lebih efisien serta kompetitif di pasar saat ini?

Membahas mengenai transformasi digital, tahukah Anda bahwa sangat banyak manfaat transformasi digital? Khususnya jika menyangkut manfaat transformasi digital untuk kemajuan perusahaan Anda.

Transformasi digital akan terjadi ketika perusahaan Anda mulai merombak seluruh proses, strategi, kompentensi, serta aktivitas dengan diterapkannya teknologi terbaru untuk mencapai sebuah tujuan.

Bagaimana dampaknya saat perusahaan menerapkan transformasi digital? Penerapannya bisa membuat perusahaan jadi lebih kompetitif, agile, kolaboratif, scalable, serta kondisi lingkungan kerja yang lebih aman.

Ini tidak lepas dari cakupan transformasi digital dalam keberlangsungan perusahaan untuk terus memiliki performa lebih baik, kemudahan kolaborasi antarkaryawan, ekspansi bisnis, dan meningkatkan customer experience.

Manfaat Transformasi Digital

Terdapat beberapa manfaat transformasi digital yang bisa berdampak signifikan bagi perusahaan Anda, antara lain:

1. Operasional Mudah dan Efisien

Saat perusahaan Anda sangat bergantung dalam proses maupun prosedur yang kompleks, maka dengan transformasi digital bisa menyederhanakan proses operasional yang ada, ini tentunya akan membuat operasional jadi lebih efektif.

 

2. Business Insight Lebih Kredibel

Manfaat transformasi digital bisa mengubah Anda dalam menjalankan bisnis. Ini bisa Anda rasakan melalui implementasi platform data insight, dan Anda akan mendapat koleksi data-data serta dashboard inti, di mana metrik bisnis bisa dengan mudah ditemukan.

Perusahaan Anda bisa memanfaatkan data-data yang didapat tersebut untuk meningkatkan dan menunjang lebih banyak inisiatif, seperti product development, marketing, serta customer service.

Kemudian, jika diterapkan real-time analytic bisa meningkatkan efektivitas dan kepuasan konsumen. Para petinggi IT, marketing, dan petinggi lainnya bisa dengan efektif menentukan kebijakan bisnis untuk perusahaan dengan adanya real-time analytic.

 

3. Proteksi Data

Di era dengan kemajuan teknologi seperti saat ini, pencurian data semakin marak. Maka tidak heran, apabila proteksi sebuah data menjadi hal yang paling penting untuk banyak perusahaan di era digitial ini. Khususnya jika data tersebut merupakan data yang penting dan sensitif bagi perusahaan.

 

4. Mengoptimalkan Investasi

Manfaat transformasi digital juga berhubungan dengan adanya investasi dalam teknologi yang bisa membuat perusahaan Anda maju.

Saat ini tekanan pasar semakin tinggi, banyak perusahaan yang meninggalkan sistem lama. Sebagai contoh seperti penggunaan penyimpanan berbasis cloud. Dengan cloud, Anda tidak perlu repot-repot membeli hardware yang harganya bisa sangat mahal dan tidak ringkas.

Kemudian, sisa dari biaya yang seharusnya digunakan untuk membeli hardware tersebut bisa dialihkan untuk kebutuhan lain yang bisa meningkatkan jangkauan pada customer.

 

5. Permudah Kolaborasi antar Karyawan

Selanjutnya, penggunaan teknologi dalam transformasi digital bisa memudahkan kolaborasi antar karyawan. Ini menjadi komponen utama agar transformasi digital bisa sukses serta bisa meningkatkan produktivitas dan efisiensi perusahaan.

 

6. Meningkatkan Produktivitas

Penggunaan teknologi yang tepat guna dalam perusahaan Anda, bisa meminimalisir masalah yang akan menghambat produktivitas. Ini juga bisa mengurangi beban kerja staf IT dan membantu mereka lebih fokus pada proyek yang punya prioritas lebih tinggi.

Apa Saja Tantangan dalam Melakukan Transformasi Digital?

Setelah mengetahui apa saja manfaat transformasi digital, ada beberapa tantangan saat akan menjalankan hal tersebut yang perlu Anda ketahui, yaitu:

Prioritas Tidak Sejalan

Sebelum melakukan transformasi digital, menjadi sangat penting untuk seluruh karyawan mengetahui tujuan proyek ini.

Apabila dari awal prioritas belum sejalan, ini tentunya akan membuat karyawan atau stakeholder jadi tidak puas atau porsi budget dipangkas.

Bahkan, berdasar survey yang dilakukan sebesar 69% terdapat perbedaan soal apa yang bisa dicapai oleh transformasi digital antara para petinggi bisnis dengan ahli IT dalam sebuah perusahaan.

 

Budaya Perusahaan

Selanjutnya, adanya sebuah budaya perusahaan bisa menjadi tantangan untuk melakukan transformasi digital.

Sebagai contoh budaya toxic atau budaya yang kurang efisien di sebuah perusahaan bisa menjadi faktor yang membuat para karyawan enggan mengadopsi teknologi baru

Apa dampaknya? Tentu jika ini terjadi, investasi infrastruktur teknologi yang telah dipasang bisa justru menjadi tidak maksimal.

Jadi, apa pun alasan perusahaan Anda beralih ke transformasi digital, menjadi sangat krusial tranformasi digital tersebut untuk mengoptimalkan ROI Anda.

Dimulai untuk mendapatkan banyak insight bisnis via data, bahkan dalam meningkatkan produktivitas karyawan. Dan hal inilah yang menjadi kunci untuk kemajuan sebuah perusahaan di masa sekarang.

Mau Belajar Lebih Lanjut?

Jika Anda ingin belajar lebih lanjut mengenai topik di atas, ikuti training di Inixindo Jogja.

Dalam training tersebut, Anda bisa mendapat pendampingan instruktur sehingga proses pemahaman terhadap topik dapat lebih cepat.

Menariknya lagi, Anda juga bisa memiliki sertifikasi dari topik yang sudah diikuti. Sertifikasi tersebut menjadi bukti bahwa Anda sudah benar-benar paham dan ahli di bidang terkait.

Tak hanya itu saja, dengan memiliki sertifikasi juga menjadi modal besar untuk perkembangan karir Anda.

Tunggu apalagi? Langsung saja hubungi kami melalui kontak tertera di bawah ini.

Email:

marketing@inixindojogja.co.id

Telp / Whatsapp:

+62-274-515448

ajax-loader
× Butuh bantuan?