Event Compilation : “Transformasi Digital Untuk PDAM”

Mar 22, 2019

Pesatnya arus teknologi membuat indonesia memasuki era industri 4.0 ataau yang akrab dikenal sebagai industri digital. Saat ini perusahaan tidak perlu menunggu waktu lama untuk mengambil sebuah keputusan, internet of things dapat membantu ketika seluruh kegiatan yang ada di dalam industri tersebut menggunakan perangkat komputer dan terhubung dengan internet, maka kita dengan mudah mengontrol bisnis dari jarak jauh, bahkan mempersingkat waktu untuk mengambil sebuah keputusan.

Dengan kemajuan teknologj tersebut seluruh kegiatan bisnis dapat terekam selama 24 jam. Informasi tersebut diantaranya dapat menyangkut tentang kinerja karyawan, data pelanggan, data penjualan dalam tren automasi industri 4.0 hal ini dikenal istilah big data. Untuk itu sebuah perusahaan sangat memerlukan transformasi digital agar dapat meningkatkan kinerja dan
memperluas jangkauan bisnisnya.

PDAM sebagai Badan Usaha Milik Daerah juga tak boleh lengah dari arus transformasi digital ini. Jika kita berpikir secara singkat PDAM tidak memiliki kompetitor secara langsung, akan tetapi pelanggan PDAM memiliki pilihan yang dapat mensubtitusi layanan PDAM yaitu air sumur. Oleh karena itu, tantangan yang dihadapi PDAM di era revolusi industri 4.0 ini justru semakin kompleks. Sebagai upaya menjawab tantangan tersebut, Inixindo Jogja sebagai lembaga pengembangan SDM yang aktif melakukan kampanye tentang transformasi digital menyelenggarakan beberapa event untuk mengakselerasi transformasi digital PDAM.

 

Comday “Teknologi yang Mengakselerasi Transformasi Digital”

28 Maret 2019

Event Compilation : "Transformasi Digital Untuk PDAM" 2 Event Compilation : "Transformasi Digital Untuk PDAM" 3

Jika berbicara digitalisasi untuk PDAM tentu kita akan sulit menghayal bahwa air akan tersambung dengan internet. Umar selaku instruktur dalam kegiatan Comday ‘Teknologi yang Mengakselerasi Transformasi Digital’ (28/3) yang banyak dihadiri oleh pihak dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) ini  mengatakan “Proses digitalisasi dalam PDAM dapat dilakukan untuk melayani pelanggan, seperti ketika ada kebocoran pelanggan dapat melapor melalui aplikasi yang langsung terhubung dibagian costumer service dan teknisi.”

Umar juga menambahkan bahwa dengan adanya transformasi digital, PDAM juga dapat merekam seluruh kegiatan sambungan pipa dan debit air, sehingga ketika terjadi kebocoran pipa dapat segera diatasi. Kegiatan Comday ini mengundang seluruh PDAM di Provinsi Jawa tengah. Kegiatan ini bertujuan agar PDAM melakukan transformasi digital untuk mengatasi perubahan jaman dan meningkatkan kinerja sesuai dengan tren industri 4.0.

***

 

Transformasi Digital PDAM Sragen

09 April 2019

Event Compilation : "Transformasi Digital Untuk PDAM" 4

 

Pada tanggal 09 April 2019, Andi Yuniantoro selaku direktur PT. Inixindo Widya Iswara Nusantara memberi pengarahan pada kegiatan Digital Transformasi PDAM yang dilaksanakan oleh PDAM Sragen. Dalam pengarahannya, Andi mengatakan bahwa transformasi digital untuk kegiatan PDAM dapat diterapkan mulai dari strategi bisnis, operasional bisnis, teknologi informasi, dan target yang akan dicapai,  yang keseluruhannya merupakan kebutuhan para stakeholder PDAM.

***

WhatsApp chat Chat via Whatsapp