Mungkin Anda sudah akrab dengan cloud computing. Tapi, apakah Anda sudah tahu apa itu cloud computing?

Cloud computing sendiri bisa membuat semua pekerjaan serba praktis dan tidak perlu menggunakan Infrastruktur yang besar.

Bahkan, cloud computing juga dapat meminimalisir biaya pengeluaran dalam perusahaan. Tanpa Anda sadari, di dalam kehidupan sehari-hari, Anda telah bertukar informasi dan data menggunakan cloud computing.

Semakin penasaran megenai apa itu cloud computing, lalu bagaimana cara kerja dari tekonologi ini? Simak penjelasannya berikut ini.

Pengertian Cloud Computing

Cloud computing adalah istilah dari cloud diartikan sebagai internet. Sedangkan computing diartikan juga sebagai komputer.

Jika didefinisikan lebih dalam cloud computing adalah sebuah proses pengolahan daya komputasi melalui jaringan internet yang memiliki fungsi agar dapat menjalankan program melalui komputer yang telah terkoneksi satu sama lain dalam waktu bersamaan.

Cloud computing sendiri menjadikan internet sebagai pusat server yang tujuannya untuk mengelola data dan juga aplikasi pengguna.

Kemudian, cloud computing juga bisa memudahkan penggunanya untuk menjalankan program tanpa harus menginstall aplikasi terlebih dahulu serta memudahkan pengguna untuk mengakses data serta informasi melalui internet.

Bagaimana Cara Kerja Cloud Computing?

Mengingat cloud computing menjadikan internet sebagai pusat server untuk mengelelola data. Maka, hal tersebut bisa memudahkan pengguna untuk login ke internet supaya bisa mendapat akses untuk menjalankan program atau aplikasi tanpa harus melakukan install aplikasi tersebut.

Dikarenakan tidak perlu melakukan instalasi pada aplikasi, maka media penyimpanan data dari pengguna juga akan disimpan secara virtual sehingga tidak terbebani dengan adanya penggunaan memori yang ada di dalam komputer.

Selanjutnya, perintah-perintah yang digunakan oleh pengguna tadi akan dilanjutkan ke server aplikasi.

Lalu setelah perintah diterima oleh sever aplikasi, maka data akan diproses dan akhirnya pengguna bisa menerima halaman yang telah diperbarui sesuai perintah yang telah diberikan sebelumnya.

Perintah yang diberikan dalam aplikasi tersebut akan terintegrasi secara langsung pada sistem Cloud computing yang ada di komputer.

Itulah mengapa, pengguna hanya perlu jaringan internet supaya bisa menjalankan aplikasi tersebut tanpa harus melakukan instalasi.

Fungsi Cloud Computing

Penggunaan komputer saat ini sudah semakin banyak. Dengan begitu, membuat pengguna harus menggunakan media penyimpanan lebih besar dan menjadi prioritas di segala bidang.

Belum lagi, pada sektor bisnis yang perlu teknologi berkapasitas tinggi dengan biaya mahal.

Jadi tidak heran, apabila cloud computing menjadi solusi dari permasalahan ini. Mengingat cloud computing adalah teknologi yang bagus dan murah.

Cloud computing punya media penyimpanan, fleksibel serta efisien untuk diterapkan pada sektor bisnis.

Selain itu, cloud computing bisa menjadi solusi untuk menurunkan permintaan hardware dan software pengguna.

Dengan begitu, cloud computing bisa menjadi solusi dalam menyelesaikan permasalahan IT yang tepat.

Mau Belajar Lebih Lanjut?

Jika Anda ingin belajar lebih lanjut mengenai topik di atas, ikuti training di Inixindo Jogja.

Dalam training tersebut, Anda bisa mendapat pendampingan instruktur sehingga proses pemahaman terhadap topik dapat lebih cepat.

Menariknya lagi, Anda juga bisa memiliki sertifikasi dari topik yang sudah diikuti. Sertifikasi tersebut menjadi bukti bahwa Anda sudah benar-benar paham dan ahli di bidang terkait.

Tak hanya itu saja, dengan memiliki sertifikasi juga menjadi modal besar untuk perkembangan karir Anda.

Tunggu apalagi? Langsung saja hubungi kami melalui kontak tertera di bawah ini.

Email:

marketing@inixindojogja.co.id

Telp / Whatsapp:

+62-274-515448

ajax-loader
× Butuh bantuan?