https://www.rapa-puru.com/ https://ingemantspa.cl/ https://103.63.25.105/
https://fmipa.unpad.ac.id/wp-includes/robopragma/ https://unram.ac.id/wp-content/slot88/ https://fmipa.unpad.ac.id/wp-content/vvip2024/
Apa Penyebab Transformasi Digital? – Inixindo Jogja

Transformasi digital adalah istilah yang mungkin sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Bahkan, transformasi digital adalah hal yang wajib dipahami di era digital seperti sekarang.

Belum lagi, dengan kehadiran pandemi virus corona covid-19 yang saat ini adalah salah satu penyebab transformasi digital harus dilakukan lebih cepat.

Tapi, sebenarnya masih terdapat beberapa faktor utama yang menjadi penyebab tranformasi digital harus dilakukan, khususnya bagi perusahaan atau organisasi.

Apa saja penyebab transformasi digital tersebut? Berikut ini ada beberapa faktor penyebab transformasi digital dalam sebuah bisnis, antara lain:

Inovasi Teknologi

Maksud dari inovasi teknologi tidak merujuk pada penemuan teknologi baru, melainkan pengembangan teknologi yang diharapkan bisa memberi dampak lebih besar dari sebelumnya.

Hal yang perlu diingat adalah transformasi digitial tidak sepenuhnya dikarenakan pengaruh teknologi. Justru pendorong transformasi digital adalah tentang cara pengunaan dan pengadopsian teknologi oleh pelanggan, mitra, pesaing, dan berbagai pemangku kepentingan.

Terdapat beberapa teknologi dengan potensi bisnis cukup besar seperti IoT, kecerdasan buatan (AI), edge computing, virtual reality, augmented reality, serta blockchain.

Namun, potensi hebat ini dapat terjadi ketika mereka digabungkan dan mengaktifkan berbagai aplikasi baru seperti yang kita lihat dalam konvergensi AI, IoT, dan analitik data besar. Dalam transformasi industri, konvergensi TI dan OT juga sangat berpengaruh.

 

Penemuan dan Inovasi Ilmu Pengetahuan

Adanya pendekatan yang baru terhadap tantangan manusia dan bisnis, serta inovasi serta penemuan yang menciptakan realitas baru, baik dalam sains, bisnis, teknologi, atau bahkan konteks non-teknologi dari inovasi sejati, ternyata bisa berpengaruh terhadap transformasi itu sendiri.

Contohnya seperti penemuan obat-obatan yang mengubah pelayanan kesehatan, mesin cetak, kereta api, serta masih banyak hal lain.

Seluruh hal tersebut akan akan berpengaruh pada tranformasi digital, sehingga akan bermanfaat dalam ilmu pengetahuan dan penerapan teknologi yang bisa mengubah kebiasaan juga pola pikir manusia.

 

Pengaruh Ekosistem

Perubahan ekonomi, tuntutan mitra yang ingin perusahaan atau organisasi Anda untuk beradaptasi, evolusi menuju kolaborasi dalam ekosistem bisnis transformasional, perubahan peraturan dan regulasi dari pemerintah pusat, perubahan geo-politik, pergeseran sosial, peristiwa yang tidak terduga seperti bencana alam atau bahkan pandemi seperti covid-19, ternyata sangat berpengaruh pada bisnis dan kebiasaan masyarakat secara keseluruhan.

Perilaku dan Tuntutan Pelanggan

Sebenarnya transformasi digital yang disebabkan pelanggan tidak selalu berkaitan dengan teknologi. Akan tetapi, teknologi kerap kali memungkinkan atau berdampak pada transformasi digital saat diadopsi dan diubah jadi sebuah tantangan bisnis.

Contoh kekuatan yang mendorong transformasi digital serta tidak disebabkan faktor teknologi, seperti permintaan pelanggan akan kemudahan penggunaan dan kesederhanaan dalam sebuah proses bisnis.

Ingin Lebih Dalam Memahami Topik di Atas?

Apabila Anda ingin memahami lebih lanjut dan mendalam mengenai topik di atas, ikuti training di Inixindo Jogja.

Dalam training tersebut, Anda bisa mendapat pendampingan instruktur sehingga proses pemahaman terhadap topik tersebut lebih cepat.

Menariknya lagi, Anda juga bisa memiliki sertifikasi dari topik yang sudah diikuti. Sertifikasi tersebut menjadi bukti bahwa Anda sudah benar-benar paham dan ahli di bidang terkait.

Tak hanya itu saja, dengan memiliki sertifikasi juga menjadi modal besar untuk perkembangan karir Anda.

Tunggu apalagi? Langsung saja hubungi kami melalui kontak tertera di bawah ini.