Di era teknologi seperti sekarang, data menjadi aset berharga untuk sebuah organisasi. Maka dari itu, pengelolaan data harus dilakukan.

Penting bagi sebuah organisasi yang menerapkan teknologi informasi untuk memiliki kerangka kerja atau framework dalam manajemen data. Hal ini bisa meningkatkan pengelolaan dan nilai dari data itu sendiri.

Salah satu framework pengelolaan data yang terkemuka adalah Data Management Body of Knowledge atau DMBOK.

Apa itu DMBOK?

Ada banyak framework tata kelola data yang bisa digunakan, dan salah satu yang terbaik adalah dari DAMA International. 

DAMA International berfokus dalam membangun komunitas internasional yang berkaitan dengan Data Management. 

Sebuah framework dikeluarkan oleh DAMA, dimana framework ini berisi panduan untuk pengelolaan data yang baik berbasis Body of Knowledge, yang dikenal dengan DMBOK.

DMBOK atau Data Management Body of Knowledge adalah framework tata kelola data yang memberikan pendekatan model tata kelola data secara fungsional, lengkap dan menyeluruh dalam membangun tata kelola data di bisnis serta memberikan panduan terkait seluruh aktivitas pengelolaan data.

Pengelolaan data memerlukan perencanaan, pelaksanaan, pengembangan dan seperangkat aturan atau tata kelola yang jelas.

Bagaimana DMBOK memberikan manfaat bagi organisasi?

Optimalisasi Proses Data

DMBOK memberikan panduan yang jelas dalam optimalisasi proses data. Dari mulai pengumpulan hingga penyimpanan dan analisis, framework ini membantu kita mengidentifikasi area yang dapat dioptimalkan. Dengan begitu, organisasi dapat bekerja lebih efisien, menghemat waktu, dan mengurangi biaya operasional.

Peningkatan Kualitas Data

Knowledge Area seperti Data Quality menjadi fokus utama dalam DMBOK. Dengan memastikan kualitas data yang tinggi, organisasi dapat menghindari keputusan yang salah dan meningkatkan kepercayaan pengguna data. Kualitas data yang baik juga memungkinkan organisasi mengambil keputusan yang lebih tepat dan efektif.

Pengelolaan Risiko yang Lebih Baik

Melalui aspek Data Governance dalam DMBOK, organisasi dapat mengelola risiko terkait data dengan lebih baik. Dengan menetapkan kebijakan dan prosedur yang jelas, serta memastikan keamanan data yang memadai, kita dapat melindungi informasi sensitif dan mengurangi potensi risiko pelanggaran data.

Meningkatkan Pengambilan Keputusan Strategis

DMBOK memberikan landasan yang kuat untuk pengambilan keputusan strategis. Dengan Data Warehousing, Business Intelligence, dan Data Modeling, organisasi dapat menggali wawasan yang mendalam dari data mereka. Hal ini memungkinkan pengambilan keputusan yang lebih cerdas dan mendukung strategi bisnis yang lebih baik.

Efektivitas Operasional yang Ditingkatkan

Dalam Knowledge Areas seperti Data Integration, Data Storage, dan Operations, DMBOK membantu meningkatkan efektivitas operasional. Data yang terintegrasi dengan baik dan disimpan secara efisien membantu kelancaran operasional sehari-hari.

Inovasi Berkelanjutan

DMBOK bukan hanya tentang pengelolaan rutin, tetapi juga tentang memberikan dasar untuk inovasi. Dengan memiliki fondasi data yang kuat, organisasi dapat dengan lebih mudah mengadopsi teknologi baru, seperti kecerdasan buatan, analisis prediktif, dan teknologi terkini lainnya.

Ingin menggunakan DMBOK sebagai framework pengelolaan data organisasi Anda?

Ikuti Exclusive Class Data Data Management with DMBOK, KLIK DISINI

DTAC - Cyber Security Governance with ISO 27001
× Butuh bantuan?