Untuk mendorong perusahaan Anda agar lebih berkembang dan mampu bertahan seiring perkembangan zaman, dibutuhkan enterprise architecture.

Apa itu enterprise architecture? Istilah enterprise architecture sendiri merujuk pada usaha untuk mengoptimalkan perusahaan menuju ke lingkungan terpadu yang tanggap terhadap perubahan serta dapat mendukung strategi bisnis.

Sebuah enterprise architecture yang baik memungkinkan perusahaan Anda untuk mencapai keseimbangan yang tepat antara efisiensi teknologi informasi dan inovasi bisnis.

Ini sangat memungkinkan unit bisnis individu dapat berinovasi secara aman untuk mengejar keunggulan kompetitif mereka.

Selain itu, dengan enterprise architecture yang baik, bisa membawa manfaat bisnis yang penting, di mana akan jelas terlihat dalam laporan laba atau rugi bersih dari perusahaan atau organisasi.

Untuk mengembangkan sebuah enterprise architecture itu sendiri, terdapat salah satu kerangka kerja yang bisa digunakan, yaitu The Open Group Architecture atau yang lebih populer disebut dengan TOGAF Framework.

TOGAF adalah sebuah kerangka kerja yang bisa Anda gunakan untuk mengembangkan arsitektur yang diperlukan dalam rangka pemenuhan kebutuhan bisnis.

Kategori dan Kelebihan TOGAF

Sebagai salah satu metodologi enterprise architecture, TOGAF menawarkan kerangka kerja yang sangat berguna dalam pengembangan enterprise software.

TOGAF pada awalnya dikembangkan oleh The Open Group pada tahun 1995. Dan hingga kini sudah digunakan oleh lebih dari 80% perusahaan terkemuka di dunia, dengan ribuan orang, tim, serta kegiatan pelatihan dan sertifikasi TOGAF tiap tahunnya.

TOGAF memiliki beberapa kategori enterprise architecture, antara lain:

 

1. Business Architecture

Menjelaskan mengenai informasi pada strategi bisnis, governance, organisasi, dan cara adaptasi pada proses yang sudah berjalan di dalam suatu organisasi.

 

2. Data Architecture

Sebuah aktifitas pendefinisian data storage organisasi, manajemen dan pemeliharaan termasuk logical dan physical model data.

 

3. Applications Architecture

Menyediakan sebuah rancangan desain yang digunakan untuk melakukan strukturisasi dan penyebaran sistem aplikasi, serta berkaitan dengan tujuan bisnis, kerangka kerja organisasi lainnya, maupun seluruh akar proses bisnis.

 

4. Technical Architecture

Menjelaskan seluruh hardware, software, dan infrastruktur IT yang diperlukan dalam pengembangan aplikasi bisnis.

 

Kemudian, ada beberapa kelebihan TOGAF yaitu:

– Sifatnya open source, sehingga sangat fleksibel jika akan digunakan.

– Implementasi teknologi software yang terstruktur serta terorganisir.

– Bisa membuat pendekatan yang sistematis untuk menyatukan proses pengembangan yang bisa direplika hanya dengan sedikit error.

– TOGAF memberikan best practice atau contoh penerapan yang nyata.

Mau Belajar Lebih Lanjut?

Jika Anda ingin belajar lebih lanjut mengenai topik di atas, ikuti training di Inixindo Jogja.

Dalam training tersebut, Anda bisa mendapat pendampingan instruktur sehingga proses pemahaman terhadap topik dapat lebih cepat.

Menariknya lagi, Anda juga bisa memiliki sertifikasi dari topik yang sudah diikuti. Sertifikasi tersebut menjadi bukti bahwa Anda sudah benar-benar paham dan ahli di bidang terkait.

Tak hanya itu saja, dengan memiliki sertifikasi juga menjadi modal besar untuk perkembangan karir Anda.

Tunggu apalagi? Langsung saja hubungi kami melalui kontak tertera di bawah ini.

Contact

Phone

0274 515448

Email

marketing@inixindojogja.co.id

Address

Jalan Kenari 69 Yogyakarta

ajax-loader
× Butuh bantuan?