Program bansos yang diberikan pemerintah, kerap kali mengalami kendala ketika proses penyaluran. Tentunya, ini menjadi pekerjaan rumah yang perlu segera diselesaikan oleh pemerintah.

Melansir Okezone, pengamat IT Heru Sutadi menilai jika penyaluran bansos yang tepat sasaran masih jadi keraguan besar di tengah masyarakat. Itulah mengapa, kebijakan Satu Data hendaknya dipercepat.

“Data yang valid menjadi kendala di negeri ini. Sehingga, kebijakan satu data perlu segera direalisasikan,” jelas Heru.

Selain itu, Heru juga menjelaskan mengenai tantangan data yang signifikan karena ada perbedaan antar lembaga, sehingga dibutuhkan waktu lebih panjang untuk eksekusi satu kebijakan. Kemudian, ada juga tantangan mengenai kualitas data yang juga tidak valid.

“Ini karena data lama yang tidak diupdate atau bukan dari sumber langsung,” ungkapnya.

Alasan Perlunya Satu Data

Mengenai kebijakan Satu Data tersebut, sebenarnya tidak lepas dari manfaat yang bisa diberikan dari penerapan kebijakan Satu Data tersebut.

Sebab, Satu Data akan menjamin ketersediaan data yang akurat. Sehingga bisa memudahkan pimpinan negara dan daerah menghasilkan keputusan yang strategis, khususnya dalam menyalurkan bansos untuk menjaga daya beli masyarakat.

Sebagai contoh, seperti kasus Menteri Sosial Tri Rismaharini yang menyatakan telah menemukan 21 juta data ganda penerima bansos.

Saat ini pihaknya telah berkoordinasi dengan Ditjen Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri dan Pemerintah Daerah, untuk memastikan data penerima bansos sudah sesuai dengan data kependudukan atau Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Ingin Lebih Dalam Memahami Topik di Atas?

Apabila Anda ingin memahami lebih lanjut dan mendalam mengenai topik di atas, ikuti training di Inixindo Jogja.

Dalam training tersebut, Anda bisa mendapat pendampingan instruktur sehingga proses pemahaman terhadap topik tersebut lebih cepat.

Menariknya lagi, Anda juga bisa memiliki sertifikasi dari topik yang sudah diikuti. Sertifikasi tersebut menjadi bukti bahwa Anda sudah benar-benar paham dan ahli di bidang terkait.

Tak hanya itu saja, dengan memiliki sertifikasi juga menjadi modal besar untuk perkembangan karir Anda.

Tunggu apalagi? Langsung saja hubungi kami melalui kontak tertera di bawah ini.

Contact

Phone

0274 515448

Email

marketing@inixindojogja.co.id

Address

Jalan Kenari 69 Yogyakarta

ajax-loader
× Butuh bantuan?