ComDay Recap : “Progressive Web App (PWA), Sebuah Standar Web Masa Kini”

Mar 14, 2019

Apa yang baru dari teknologi web setelah HTML5, CSS3, ES6? Bagi yang sering update informasi teknologi pastinya langsung menjawab “PWA!” PWA yang merupakan singkatan dari Progressive Web Application memang bukan teknologi yang benar-benar baru tapi penerapan PWA pada web masih bisa dibilang jarang. Padahal bila dibandingkan dengan native mobile apps di Android dan IOS, PWA memiliki beberapa kelebihan seperti jangkauan user yang lebih luas dan SEO.

Itulah yang disampaikan oleh Umar Affandi dalam Community Day Kamis lalu tanggal 14 Maret 2019 di Inixindo Jogja. Lelaki yang kerap disapa Mas Umar ini juga menyampaikan bagaimana PWA memiliki probabilitas untuk menggantikan mobile native apps di masa depan. Prediksi ini didasari atas data penggunaan mobile apps dan mobile web di mana PWA dapat menutupi kekurangan di native mobile apps dan mobile web. Acara ini dihadiri berbagai kalangan seperti mahasiswa, developer dari berbagai perusahaan swasta, dan juga dari kalangan Aparatur Sipil Negara.

ComDay Recap : "Progressive Web App (PWA), Sebuah Standar Web Masa Kini" 2  ComDay Recap : "Progressive Web App (PWA), Sebuah Standar Web Masa Kini" 3ComDay Recap : "Progressive Web App (PWA), Sebuah Standar Web Masa Kini" 4

Selain Umar Affandi, acara ini juga sempat diisi oleh programmer dari Inixindo Jogja, Aldino Kemal. Kemal menjelaskan beberapa hal teknis yang membedakan antara PWA dan web apps biasa seperti adanya service worker hingga penjelasan mengenai push notification yang bisa muncul di desktop dan perangkat mobile secara bersamaan.

Jika Anda tertarik tentang bagaimana membangun sebuah progressive web app Anda dapat mengunjungi laman berikut untuk informasi dan pendaftaran kelas pelatihan PWA di Inixindo Jogja

WhatsApp Chat via Whatsapp