Pada hari Kamis tanggal 16 Mei 2019 kemarin, Inixindo Jogja mengadakan acara Comday yang memiliki tema ‘Menerapkan Single Sign On dengan OAuth untuk Integrasi.’ Acara ini diisi oleh Yanuar Hadiyanto selaku instruktur di Inixindo Jogja. Sebagai pembukaan, Mas Yanuar menyampaikan tentang silo mentality dalam sebuah organisasi di mana antar departemen enggan untuk saling berbagi informasi. Kondisi ini dapat mengurangi efisiensi kerja dalam organisasi tersebut. Mas Yanuar kemudian menjelaskan bagaimana evolusi sistem informasi dapat menjembatani silo-silo antar departemen ini.

Dalam Comday ini, Mas Yanuar mengambil contoh kasus tentang banyaknya aplikasi yang dimiliki oleh pemerintah sehingga kita dapat membayangkan betapa repotnya pengguna ketika akan login untuk menggunakan semua aplikasi tersebut. Untuk itulah perlu dilakukan sebuah integrasi antar aplikasi tersebut. Tanpa berbasa-basi lagi Mas Yanuar langsung menjelaskan langkah-langkah yang perlu diambil untuk melakukan integrasi tersebut.

Comday Recap : Menerapkan Single Sign On dengan OAuth untuk Integrasi Aplikasi 2 Comday Recap : Menerapkan Single Sign On dengan OAuth untuk Integrasi Aplikasi 3 Comday Recap : Menerapkan Single Sign On dengan OAuth untuk Integrasi Aplikasi 4

Salah satu solusi untuk mengatasi masalah yang dibahas dalam contoh kasus adalah dengan menggunakan OAuth2, sebuah standar teknologi yang dapat membuat pengguna mengakses informasi suatu aplikasi dengan proses otorisasi menggunakan service dari aplikasi lain. Contoh dari penggunaan OAuth2 yang sering kita jumpai adalah ketika sign in atau sign up ke sebuah aplikasi hanya dengan menggunakan akun Google atau Facebook kita. Mas Yanuar kemudian menjelaskan secara teknis tentang proses dan alur informasi dengan OAuth2 ini.

Acara ini dihadiri oleh kalangan pemerintah daerah terutama dari Dinas Komunikasi dan Informatika di daerah Jawa Tengah dan DIY.

WhatsApp chat Chat via Whatsapp