FGD Sinkronisasi Infrastruktur , Jaringan, Dan Integrasi Data SKPD Provinsi Jawa Tengah

Apr 11, 2018

Pada hari Selasa, tanggal 10 April 2018 kemarin, Inixindo Jogja hadir memenuhi undangan Focus Group Discussion (FGD) yang diselenggarakan Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Tengah. Bapak Andi Yuniantoro menjadi pembicara di acara ini. Bertempat di Best Western Hotel, Sukoharjo, dihadiri oleh Perangkat Daerah Provinsi Jawa Tengah dan seluruh Perangkat Daerah Kota/Kabupaten di Jawa Tengah. Acara ini dibuka oleh Bapak H. Wardoyo Wijaya, S.H., M.H. selaku Bupati Sukoharjo. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa perkembangan teknologi informasi membuat jajaran pemerintahan terus mengoptimalkan penggunaannya untuk perbaikan pelayanan masyarakat. Kendati begitu, aplikasi yang dibuat jangan hanya menggantungkan pada pihak ketiga.

“Kode sumber atau kode program dan database tetap harus menjadi milik kita,” imbuh Bupati Sukoharjo ini.

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Dinas Kominfo Kabupaten / Kota. Dengan begitu, peran dan keberadaan infrastruktur teknologi informasi mampu meningkatkan kinerja pemerintah pada umumnya melalui pemanfaatan intranet dan internet, data center, DRC dan jaringan fiber optic yang terintegrasi dalam mendukung terwujudnya smart city menuju smart province.

“Kondisi yang terjadi pada saat ini tiap SKPD seolah belomba–lomba membangun sistem informasi / aplikasi tetapi tidak merencanakan kebutuhan bandwidthserver maupun kebutuhan jaringannya dengan baik. Sehingga sistem tersebut tidak dapat digunakan secara optimal,” ungkapnya.

Seperti yang kita ketahui bahwa pemerintah daerah di Indonesia berlomba-lomba untuk melakukan transformasi ke arah smart city ataupun smart province. Oleh karena itu, sinkronisasi infrastruktur, jaringan, dan integrasi data harus direncanakan dengan seksama sejak awal.

Chat via Whatsapp