Pernahkah kamu membayangkan, hanya dengan satu kali coding sudah bisa membuat aplikasi Android dan iOS sekaligus? Ya, kamu tidak perlu menggunakan Java atau Kotlin untuk membuat aplikasi Android, atau menggunakan Swift kalau ingin membuat aplikasi iOS. Ini baru satu dari sekian banyak kelebihan Flutter.

Bahkan, tidak hanya untuk aplikasi mobile, saat ini Flutter juga bisa kamu gunakan untuk mengembangkan aplikasi desktop Windows, Linux, dan Website.

Banyaknya kelebihan yang dimiliki Flutter, bahkan bikin perusahaan kelas dunia seperti Alibaba, eBay, BMW, hingga The New York Times kepincut untuk menggunakan Flutter. Pasti kamu mau dong, kalau bisnismu juga bisa sebesar perusahaan-perusahaan dunia tersebut?

Tapi, selain kelebihan Flutter dari sisi pembuatan aplikasi dengan sekali coding, Flutter juga punya kelebihan-kelebihan lain yang perlu kamu tahu. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

1. Cepat dan Mudah Dipelajari

Biasanya, saat kamu ingin membuat aplikasi Android dengan Kotlin atau Java, kamu harus paham beberapa bahasa pemrograman sekaligus seperti XML, java, dan lain sebagainya.

Makin banyak yang dipelajari makin lama waktu yang digunakan untuk belajar, kan? Di sinilah Flutter menjadi sangat menarik.

Karena, jika kamu ingin membuat aplikasi Android dan iOS menggunakan Flutter, kamu cukup belajar satu bahasa yaitu DART, yang mana syntax dart mirip seperti Java dan Javascript. Maka dari itu, kalau kamu pernah memakai Java atau Javascript, pastinya tidak perlu banyak waktu untuk belajar Flutter.

Itulah mengapa, bisa dibilang juga kalau Flutter sangat ramah untuk digunakan oleh para pemula. Menarik, ya?

2. UI Fleksibel dan Menarik

Dalam Flutter semuanya merupakan widget. Karena semua bagiannya widget, kamu bisa mengatur tampilan, fungsi, bahkan animasi di tiap pixelnya.

Flutter juga menggunakan Material Design, maka tampilan sedikit berbeda dengan tampilan native. Ini jadi hal positif karena kamu tidak perlu membuat hal-hal dasar untuk tiap platform.

3. Proses Development Cepat

Fitur Hot Reload pada Flutter memungkinkan kamu mengubah kode dan melihatnya saat itu juga, tanpa menunggu waktu lama untuk compiling.

4. Tidak Bergantung Pihak Ketiga

Dengan menggunakan Flutter, kamu tidak perlu menginstall banyak library dari pihak ketiga (third party). Karena, saat core dari Flutter mengalami update, modul-modul internal lainnya sudah kompatibel dengan update tersebut. Tidak seperti package pihak ketiga yang harus menunggu beberapa hari atau bahkan bulan agar bisa menyesuikan dengan versi terbarunya.

5. Biaya Pengembangan Lebih Murah

Cukup dengan satu team developer saja (Flutter Developer), sudah bisa membuat aplikasi Android, iOS dan web secara bersamaan.

Kamu bisa bayangkan, berapa banyak uang perusahaan yang dikeluarkan, untuk membayar gaji dua tim, satu untuk membangun aplikasi Android dan satunya lagi untuk iOS. Ini juga alasan kuat, kenapa banyak perusahaan besar dunia yang beralih ke Flutter.

Mau pakai Flutter, mulai dari mana?

Kamu tidak perlu bingung, untuk menggunakan Flutter sebenarnya sangat mudah, selama pemahaman dasar dari fitur dan cara kerja Flutter sudah kamu pahami secara mendetail.

Nah, kalau mau tahu tentang Flutter lebih lanjut, kamu bisa klik tombol di bawah ini. Ada banyak webinar gratis yang bisa kamu ikuti, lho. Jadi tunggu apalagi? Yuk, cari tahu sekarang.

 

Mau dapat diskon 10%? Gunakan kode voucher di bawah ini:

WSPKARIR

(berlaku hingga 15 April 2021)

 

ajax-loader
× Butuh bantuan?