Mungkin Anda sering bertanya, bagaimana cara melindungi informasi bisnis berharga yang ada dalam bentuk dokumen, presentasi, lembar kerja Excel, maupun email. Padahal, apapun bentuk bisnisnya, mengamankan informasi bisnis adalah yang paling penting.

Jika Anda menggunakan OS Windows, Anda bisa menggunakan AD RMS (Active Directory Right Management Services).

AD RMS akan menjaga informasi bisnis rahasia yang Anda miliki sampai ke tangan orang yang salah.

Tapi, bagaimana sebenarnya AD RMS tersebut bisa benar-benar melindungi bisnis Anda? Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Memberikan perlindungan lebih baik dibanding NTFS

Mungkin Anda bertanya-tanya, mengapa lebih baik menggunakan AD RMS dibanding NTFS (NT File System), meski manfaatnya serupa.

Sebab pada NTFS, izin akses pada file dan folder hanya berfungsi di dalam jaringan domain dan tidak melindungi informasi Anda yang diambil pada luar situs. Sedangkan AD RMS, akan tetap menjaga informasi Anda langsung dari lokasi dokumennya.

 

2. Melindungi data dari akses ilegal

Ada banyak dokumen penting yang harus dijaga dan hanya bisa diakses orang tertentu dalam sebuah perusahaan, salah satunya dokumen laporan keuangan.

Penggunaan AD RMS bisa mengamankan file dan laporan rahasia dengan membatasinya supaya tidak diteruskan, disalin, atau dicetak oleh pengguna yang tidak berwenang.

 

3. Mencegah email rahasia jatuh ke tangan yang salah

Email adalah salah satu media utama untuk kebocoran data. AD RMS menjamin email tersebut tidak bisa diteruskan, disalin, atau dicetak oleh penerima yang tidak berwenang. Dan, email tersebut hanya bisa dibuka oleh penerima yang berwenang.

 

4. Menjamin perlindungan dari penyalahgunaan fitur Windows Print Screen

Anda khawatir jika orang tidak bertanggung jawab menggunakan Windows Print Screen untuk mencuri data yang Anda miliki? Tidak perlu khawatir, AD RMS bisa mencegah orang tidak bertanggung jawab menggunakan fitur Windows Print Screen.

 

5. Akses dengan batas waktu

AD RMS bisa memberikan batas waktu, di mana pengguna dapat melakukan tindakan pada dokumen seperti membaca, mengubah, mencetak, meneruskan, dengan batas waktu tertentu. Jika batas waktu berakhir, maka pengguna tidak bisa mengakses file.

 

6. Menjaga keamanan data smartphone

AD RMS juga berfungsi untuk mengamankan informasi perusahaan ketika diakses lewat smartphone yang berjalan di Windows, iOS, dan Android.

 

7. Melindungi jenis file selain file Microsoft Office

Selain file Microsoft Office, AD RMS juga melindungi jenis file lainnya. Anda juga bisa menhubungkannya dengan aplikasi seperti Microsoft SharePoint (2007 dan seterusnya), serta mengamankan file yang diterbitkan di situs intranet. Fitur ini juga mendukung beberapa aplikasi pihak ketiga dan jenis file termasuk .jpg, .pdf, .xml, .txt.

Pelajari AD RMS Lebih Lanjut

Tentu dengan berbagai fungsi yang sangat berharga bagi kemanan data Anda, sayang sekali jika tidak segera menerapkan AD RMS tersebut.

Tentunya, untuk dapat menerapkan AD RMS tersebut, diperlukan pemahaman lebih dalam lagi.

Untuk itu, Anda bisa belajar lebih dalam dan sekaligus bertanya mengenai AD RMS tersebut dengan instruktur. Caranya cukup klik tombol berikut ini:

 

 

Kemudian, terdapat juga webinar gratis yang membahas topik-topik menarik bersama narasumber yang ahli dibidangnya. Langsung saja klik tombol di bawah ini:

 

ajax-loader
× Butuh bantuan?