Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) telah mengumumkan hasil evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik atau SPBE tahun 2023. Penilaian evaluasi SPBE ini dilakukan pada 11-29 September 2023 dan diikuti oleh 574 instansi pusat dan pemerintah daerah.

Proporsi jumlah instansi Pemda berdasarkan status peningkatan indeks SPBE (2023)

Berdasarkan penelitian Litbang Inixindo, sebanyak 75% instansi berhasil menaikkan indeks SPBE pada tahun 2023.

Literasi SPBE di pemerintah daerah telah memberikan hasil terhadap peningkatan nilai indeks SPBE.

Perubahan indeks SPBE menjadi indeks kinerja kepala daerah memberikan aspek penting pada prioritas dan atensi Kepala Daerah untuk menerapkan SPBE dengan lebih baik.

Rata-rata kenaikan indeks SPBE tahun 2021 dan 2023 (Litbang Inixindo)

Digital Leadership, SDM, dan Kesiapan Anggaran memiliki peran besar bagi capaian rata-rata nilai Indeks SPBE di Pemerintah Daerah.

3 Instansi dengan Indeks SPBE terbaik (Litbang Inixindo)

Di tingkat provinsi, Jawa Tengah menempati urutan pertama dengan indeks 4.26, kemudian disusul D.I Yogyakarta dengan indeks 4.22 dan DKI Jakarta dengan indeks 4.21.

Untuk tingkat kota, Surabaya menempati urutan tertinggi dengan indeks 4.49, kemudian Madiun dengan indeks 4.45 dan Jambi dengan indeks 4.27.

Di tingkat kabupaten, Banyuwangi menempati urutan pertama dengan indeks 4.50, kemudian Karawang dengan indeks 4.38 dan Sukoharjo dengan indeks 4.35.

Statistik training pengembangan SDM pemerintahan daerah tahun 2021-2023 (Litbang Inixindo)

Berdasarkan penelitian Litbang Inixindo, sebanyak 51% instansi fokus meningkatkan kemampuan IT Management dan 20% mengikuti sertifikasi Government Chief Information Officer (GCIO) di level kepala dinas dan kepala bidang. 

Download Kata Inixindo Jogja

× Butuh bantuan?